Sabar menghadapi anak berkebutuhan khusus dikala pandemi: studi kasus pada terapis di UPTD Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dwitamasiwi, Cipfridea Arlista (2022) Sabar menghadapi anak berkebutuhan khusus dikala pandemi: studi kasus pada terapis di UPTD Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cipfridea Arlista Dwitamasiwi_E97218061 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini meneliti mengenai bagaimana perspektif terapis ABK mengenai sabar ketika menghadapi anak berkebutuhan khusus. Terutama pada era pandemic ini, dimana pembelajaran dilaksanakan secara daring. Sebagai tenaga terapis tentunya kesabaran menjadi suatu hal yang wajib dijalani. Selain tenaga terapis tentunya manusia wajib menanamkan kesabaran di dalam diri. Selama ini, khususnya terapis ABK yang menjadi subjek penelitian menjalani tugas sebagai tenaga terapis bagi anak berkebutuhan khusus yang menghadapinya pun berbeda dari anak pada ummnya. Oleh sebab itu dalam penelitian ini memfokuskan pada sisi perspektif terapis ABK mengenai sabar yang selama ini dijalani. Rumusan masalah yang diangkat 1) Bagaimana perspektif sabar menurut terapis ABK di UPTD Anak Berkebutuhan Khusus Sidoarjo? 2) Bagaimana perspektif tasawuf dan psikologi mengenai sabar? 3) Bagaimana penerapan sabar yang efektif untuk mendampingi anak berkebutuhan khusus? Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perspektif sabar menurut terapis ABK di UPTD Anak Berkebutuhan Khusus Sidoarjo dan penerapan sabar yang efektif dalam mendampingi anak berkebutuhan khusus. Dalam menjalankan penelitian ini, metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang digunakan oleh penulis. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara, studi kepustakaan. Dari keseluruhan penelitian ini terdapat dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Data yang keseluruhannya bersumber dari terapis ABK UPTD Anak Berkebutuhan Khusus Sidoarjo adalah data primer. Kemudian data sekunder adalah karya-karya yang relevan dengan penelitian ini. Waktu yang dibutuhkan dalam penelitian adalah sebulan penuh mencakup observasi, wawancara dan dokumentasi. Konsep sabar menurut tasawuf yakni mengambil dari pemikiran Al-Ghazali, yang menerangkan bahwa ketika manusia mampu mengendalikan diri dari kemarahan maka dapat memperoleh kesabaran yang tulus. Dalam hal ini memang tidak dapat terhindarkan dari kemungkinan bahwa ledakan emosi yang terjadi karena merupakan reaksi dari sebuah respon alami manusia. Akan tetapi seorang individu dengan spiritual sejati harus dapat mengendalikan dan memperkirakan respon apa yang seharusnya ia tunjukkan ketika diri dalam kondisi diliputi amarah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dwitamasiwi, Cipfridea Arlistacipfridea11121@gmail.comE97218061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodijah, Khodijahuchykhadijah@yahoo.com2010116601
Subjects: Anak > Anak Penyandang Cacat
Terapi
Keywords: Sabar; konsep sabar dalam tasawuf; konsep sabar dalam psikologi; anak berkebutuhan khusus
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Cipfridea Arlista Dwitamasiwi
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:19
Last Modified: 22 Sep 2022 07:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56338

Actions (login required)

View Item View Item