Strategi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Matematika di MIN 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chafsoh, Fadliah Arifah (2022) Strategi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Matematika di MIN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fadliah Arifah Chafsoh_D07218009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan yang dilakukan peneliti, bahwa pembelajaran matematika di kelas IV MIN 1 Sidoarjo ini memperlihatkan adanya hubungan baik antara guru dan siswa. Guru menghidupkan kelas dengan suasana yang nyaman dan dalam setiap kegiatan pembelajaran guru selalu mengajak siswa untuk bermain ice breaking. Tidak hanya membuat suasana kelas yang nyaman, akan tetapi guru menggunakan berbagai strategi, metode dan model dalam pembelajaran. Peneliti tertarik untuk meneliti ini, karena ingin mengetahui lebih mendalam terkait potensi guru sebagai pendidik serta mampu memotivasi siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana pengelolaan kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di MIN 1 Sidoarjo? 2) Apa saja strategi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di MIN 1 Sidoarjo?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kebsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pengelolaan kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di MIN 1 Sidoarjo ada tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. (2) Strategi yang dilakukan guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di MIN 1 Sidoarjo yaitu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, memberikan Pekerjaan Rumah (PR) yang tidak membebani siswa, memberikan nilai, bermain kuis dan memberikan pujian atau reward.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chafsoh, Fadliah Arifahfadilaharifah@gmail.comD07218009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Motivasi Belajar
Keywords: Strategi Guru; Motivasi Belajar Siswa; Mata Pelajaran Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: FADLIAH ARIFAH CHAFSOH
Date Deposited: 01 Aug 2023 13:49
Last Modified: 01 Aug 2023 13:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56355

Actions (login required)

View Item View Item