Implementasi uu nomor 3 tahun 2006 Pasal 52A dalam permasalahan penentuan arah kiblat dan waktu salat di Pengadilan Agama Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purnamawati, Ismiyatul Izza (2022) Implementasi uu nomor 3 tahun 2006 Pasal 52A dalam permasalahan penentuan arah kiblat dan waktu salat di Pengadilan Agama Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ismiyatul Izza Purnamawati_C98216027 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field researh) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penulis mengumpulkan data dengan teknik dokumentasi dan wawancara. Kemudian dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode deskriptif dengan analisis kualitatif. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan berdasarkan rumusan masalah. Pertama, terkait kondisi arah kiblat dan waktu salat, khususnya pada beberapa masjid yang terdapat di wilayah yurisdiksi Pengadilan Agama Sidoarjo dianggap tidak memiliki permasalahan yang signifikan karena sejauh ini, baru ada 1 surat permintaan yang masuk untuk pembetulan arah kiblat, terhitung sejak tahun 2006. Kedua, untuk waktu salat belum ada yang mempermasalahkan. Berlakunya UU Nomor 3 Tahun 2006 membuat Pengadilan Agama bersifat pasif terkait permasalahan penentuan arah kiblat dan waktu salat. Pengadilan Agama tidak akan bertindak sebelum adanya surat permintaan yang masuk. Isbat rukyatulhilal dan permasalahan syariat lainnya merupakan perkara volunter yang dapat diberikan penyelesaiannya oleh peradilan agama sebagai kewenangan absolut, sebagaimana tercantum dalam penjelasan Pasal 52A UU Nomor 3 Tahun 2006. Sehingga tanpa adanya permohonan terlebih dahulu, maka perkara tersebut tidak dapat diselesaikan. Bagi masyarakat umum, hendaknya mengajukan laporan apabila menjumpai masjid-masjid yang memiliki perbedaan arah kiblat dan/atau waktu salat kepada yurisdiksi Pengadilan Agama setempat. Kemudian bagi Pengadilan Agama, hendaknya memperkuat program untuk memantau permasalahan arah kiblat dan waktu salat di masjid-masjid yang terdapat di wilayah yurisdiksinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purnamawati, Ismiyatul IzzaAizzawa130398@gmail.comC98216027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorQulub, Siti Tatmainultatmainulqulub@uinsby.ac.id2029128901
Subjects: Hisab dan Rukyah
Keywords: Arah kiblat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Ismiyatul Izza Purnamawati
Date Deposited: 19 Jul 2023 14:59
Last Modified: 19 Jul 2023 14:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56375

Actions (login required)

View Item View Item