Teks tafsir pluralisme agama KH Ahmad Bahauddin Nursalim perspektif hermeneutika Paul Ricoeur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Erfaniah, Sela Sufa (2022) Teks tafsir pluralisme agama KH Ahmad Bahauddin Nursalim perspektif hermeneutika Paul Ricoeur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sela Sufa Erfaniah_E01218021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fenomena pluralisme agama merupakan topik yang telah diperbincangkan dari abad ke-15 dan mulai populer di abad ke-18 hingga sekarang. Sehingga melahirkan suatu pandangan yang pro dan kontra. Dalam dunia keislaman, terdapat tokoh liberal yang menganggap bahwa pluralisme agama merupakan suatu pandangan yang menganggap bahwa semua agama sama, dan di sisi lain terdapat tokoh moderat salah satunya yaitu, KH Ahmad Bahauddin Nursalim yang kontra atas pemaknaan pluralisme agama yang menyejajarkan semua agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi teks tafsir pluralisme agama KH Ahmad Bahauddin Nursalim dalam perspektif Hermeneutika Paul Ricoeur. Fokus yang akan diteliti oleh penelitian ini adalah pertama, bagaimana teks tafsir KH Ahmad Bahauddin Nursalim tentang pluralisme agama. Kedua, bagaimana teks tafsir pluralisme agama KH Ahmad Bahauddin Nur Salim perspektif hermeneutika Paul Ricouer. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif yang termasuk dalam kategori jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teori hermeneutika Paul Ricoeur. Hasil dari penelitian ini akan melahirkan rekonstruksi sebuah pandangan dari KH Ahmad Bahauddin Nursalim tentang pluralisme agama perspektif hermeneutika Paul Ricoeur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Erfaniah, Sela Sufaselasufaerfaniah@gmail.comE01218021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafisahal2@gmail.com2013086001
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Dakwah > Dakwah, Kritik
Pluralisme
Keywords: Pluralisme Agama; KH Ahmad Bahauddin Nursalim; Hermeneutika Paul Ricoeur
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Sela Sufa Erfaniah
Date Deposited: 02 Aug 2023 05:50
Last Modified: 02 Aug 2023 05:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56380

Actions (login required)

View Item View Item