Pengaruh spiritual intelligence dan religious faith terhadap self regulation Santri Tahfiz Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mingtio, Sandi Marahhul (2022) Pengaruh spiritual intelligence dan religious faith terhadap self regulation Santri Tahfiz Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sandi Marahhul Mingtio_J71218062 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Menghafal Al-Qur'an jarang dilakukan oleh umat Islam karena banyak hal yang dipertimbangkan. Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh Spiritual Intellegence dan Religious Faith terhadap regulasi diri. Dengan desain deskriptif kuantitatif, ada tiga instrumen yang digunakan; skala pengaturan diri (S-SR) (= 0,621), skala keyakinan agama (S RF) (α=0,986), dan skala Spiritual Intellegence (S-SI (α=0,890). Jumlah santri program tahfiz Al-Qur'an sebanyak 400 santri dari beberapa pondok pesantren di Surabaya yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Spiritual Intellegence dan Religious Faith secara signifikan memprediksi regulasi diri. Dengan kata lain, baik Spiritual Intellegence maupun Religious Faith berpengaruh positif terhadap regulasi diri. Selain itu, Spiritual Intellegence juga berpengaruh positif terhadap regulasi diri. Semakin positif siswa menilai Spiritual Intellegencenya, maka semakin tinggi Self Regulation yang dimilikinya. Sebaliknya, semakin negatif mereka menilai Spiritual Intellegence, semakin rendah Self Regulation yang mereka miliki.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mingtio, Sandi Marahhulmingtio288@gmail.comJ71218062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Abdulabdulmuhid@uinsby.ac.id2005027501
Subjects: Pesantren
Keywords: Psycology education; tahfiz; self regulation; spiritual intelligence; religious faith
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Sandi Marahhul Mingtio
Date Deposited: 23 Sep 2022 03:20
Last Modified: 23 Sep 2022 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56400

Actions (login required)

View Item View Item