Studi Komparasi Konsep Penyucian Jiwa antara Al-Ghazali dan Ayatullah Ibrahim Amini

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

M Ubaidillah, M Ubaidillah (2022) Studi Komparasi Konsep Penyucian Jiwa antara Al-Ghazali dan Ayatullah Ibrahim Amini. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M Ubaidillah_E97216036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kajian ini menggunakan metodologi kajian kepustakaan. Sementara itu, maklumat yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif dan komparatif. Hasil kajian menemukan adanya pandangan antara al- Ghazali dan Ibrahim Amini terhadap konsep tazkiyah al-nafsi. Selain itu kita dapat memahami serta membandingkan persamaan dan perbedaan konsep penyucian jiwa antara Al-Ghazali dan Ibrahim Amini. Hasil dari riset ini memaparkan dan menjelaskan konsep penyucian jiwa dari Al-Ghazali dan Ibrahim Amini. Dimana di dalam konsep tersebut memiliki persamaan dan perbedaan. Secara umum konsep Penyucian Jiwa yang diterangkan oleh kedua tokoh memiliki makna yang sama yaitu menjelaskan mengenai tata cara, sarana-sarana, dan prinsip-prinsip tentang penyucian jiwa. perbedaan yang timbul diantara kedua tokoh disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya faktor perbedaan zaman. Dimana setiap zaman memiliki banyak perubahan dan memiliki ciri khasnya tersendiri, memiliki generasi dengan warna pemikiran yang membaharu, dan setiap zaman memiliki gejolak politik yang melatar belakangi pemikiran pada setiap tokoh

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
M Ubaidillah, M Ubaidillahubedyoubed@gmail.comE97216036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozi, Ghozighozi.ichsan@uinsby.ac.id2019107701
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Filsafat
Filsafat > Filsafat Agama
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Komparasi; Penyuciyan Jiwa; Jiwa, Al-Ghazali; Ibrahim Amini
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: M UBAIDILLAH
Date Deposited: 02 Aug 2023 05:18
Last Modified: 02 Aug 2023 05:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56412

Actions (login required)

View Item View Item