Pengaruh Dzikir Ratib Al-Haddad terhadap ketenangan hati santri pondok pesantren Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatullah, Muhammad Ainun (2022) Pengaruh Dzikir Ratib Al-Haddad terhadap ketenangan hati santri pondok pesantren Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ainun Hidayatullah_E07216009 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penilitian skripsi kali ini membahas tentang Pengaruh Z|ikir Ratib Al-Haddad bagi Ketenangan Hati Santri Pondok Pesantren Mambaus Sholihin. Adapun kajian latar belakang pada skripsi ini mengkaji dua hal yaitu pertama, untuk mengetahui bagaimana konsep z|ikir Ratib al-Haddad. Kedua, bagaimana pengaruh Dz|ikir Ratib al-Haddad terhadap ketenangan hati santri. Tujuan dari penilitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana konsep z|ikir Ratib al-Haddad dan mengetahui bagaimana pengaruh z|ikir Ratib al-Haddad terhadap ketenangan hati santri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah kualitatif melalui penggunaan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode dalam pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukan: pertama, orang yang tenang hatinya adalah orang yang menjadikan hatinya sebagai pusat dorongan dan dapat menghasilkan kebaikan harmonis dan serasi, sehingga memunculkan kepribadian yang terintegrasi dengan baik. Kedua, pembacaan dzikir ratib al-Haddad dipondok Mambaus Sholihin di lakukan setiap hari setelah sholat Maghrib, dengan mengunakan beberapa ketentuan. Ketiga, dzikir ratib al-Haddad memiliki pengaruh untuk ketenangan hati seorang santri, dengan catatan pembacaan dilakukan secara istiqomah dan tatacara pembacaan sesuai metode yang diajarkan oleh pengasuh pondok.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatullah, Muhammad AinunHidayatainun28@gmail.comE07216009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZamzami, Mukhammadmukhammadzamzami@gmail.com2015098101
Subjects: Agama
Pesantren
Keywords: Dzikir; Ratib al-Haddad; Ketenangan Hati
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Muhammad Ainun Hidayatullah
Date Deposited: 04 Aug 2023 01:43
Last Modified: 04 Aug 2023 01:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56420

Actions (login required)

View Item View Item