Analisis hukum Islam terhadap praktik gadai di pegadaian syariah: studi kasus di Pegadaian Syariah Cabang Ende, Kelurahan Mautapaga, Kecamatan Ende Timur, Kabupaten Ende, Provinsi NTT

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Thahir, Putri Faiqah (2022) Analisis hukum Islam terhadap praktik gadai di pegadaian syariah: studi kasus di Pegadaian Syariah Cabang Ende, Kelurahan Mautapaga, Kecamatan Ende Timur, Kabupaten Ende, Provinsi NTT. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Faiqah Thahir_C02215060 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan (field research) yang berjudul “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Proses Pemasaran Produk-Produk Pegadaian Syariah Studi Kasus di Pegadaian Syariah Cabang Ende” dimana penelitian ini digunakan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana praktik riba dalam pegadaian syariah Cabang Ende Kecamatan Ende Timur Kabupaten Ende. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi bersama pihak yang terkait, yaitu dengan kepala Kantor Cabang Pegadaian Syariah, anggota dari Pegadaian Syariah dan Nasabah Pegadaian Syariah. Selanjutnya dianalisis teknik dengan teknik deskriptif analisis dengan menggunakan pola piker induktif yang terlebih dahulu menjelaskan tentang praktik pegadaian syariah. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses pemasaran produk-produk Pegadaian Syariah kelurahan Mautapaga Kecamatan Ende Timur Kabupaten Kabupaten Ende yaitu Pegadaian Syariah menerapkan pembiayaan Arrum Haji, Arrum BPKB, Amanah, Rahn (Gadai Syariah), Multi Pembayaran Online, Konsinyasi Emas, Tabungan Emas, dan Mulia Berdasarkan kesimpulan diatas, Pegadaian Syariah disarankan dalam proses pemasaran produk-produk Pegadaian Syariah tidak mengharuskan setiap pembayaran uang tidak ditambah dengan jumlah uang riba.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Thahir, Putri Faiqahfaiqahp98@gmail.comC02215060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJailani, Imam Amrusisriamrusi@yahoo.co.id2003017002
Subjects: Hukum Islam
Hukum Ekonomi
Keywords: Gadai
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Thahir Putri Faiqah
Date Deposited: 22 Sep 2022 08:43
Last Modified: 22 Sep 2022 08:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56423

Actions (login required)

View Item View Item