Pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) dipadu dengan model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) terhadap peningkatan keterampilan metakognitif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadila, Hilda Eka (2022) Pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) dipadu dengan model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) terhadap peningkatan keterampilan metakognitif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hilda Eka Nadila_D74218027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keterampilan metakognitif merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai siswa untuk menghadapi tantangan perkembangan zaman. Keterampilan metakognitif dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran. Menurut beberapa penelitian, model pembelajaran yang dapat berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan metakognitif adalah model PBL dan model pembelajaran kooperatif tipe GI. Karena keduanya dapat berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan metakognitif maka pada penelitian ini keduanya dipadukan untuk dapat lebih berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model PBL dipadu dengan tipe GI terhadap peningkatan keterampilan metakognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sugihwaras. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA I. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan meliputi tes tertulis dan tes wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji parametrik yaitu uji Paired t. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil uji paired t nilai sig 1-tailed adalah sebesar 0,000 maka keterampilan metakognitif siswa sebelum penerapan model PBL dipadukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI kurang dari keterampilan siswa sesudah penerapan model PBL dipadukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI. Skor rata-rata keterampilan metakognitif sebelum pembelajaran adalah 60,49 dengan kategori sedang dan sesudah adalah 75,45 dengan kategori tinggi. Penerapan model PBL dipadu dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan metakognitif siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadila, Hilda Ekahildaeka14@gmail.comD74218027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Matematika
Keywords: Model PBL; Tipe GI; Keterampilan metakognitf.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Hilda Eka Nadila
Date Deposited: 26 Jun 2023 04:08
Last Modified: 26 Jun 2023 04:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56433

Actions (login required)

View Item View Item