Hubungan antara konformitas, kontrol diri, dan harga diri dengan perilaku konsumtif belanja online pada perempuan dewasa awal di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Sheila Ade (2022) Hubungan antara konformitas, kontrol diri, dan harga diri dengan perilaku konsumtif belanja online pada perempuan dewasa awal di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sheila Ade Hidayah_J71218063 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara konformitas, kontrol diri, dan harga diri dengan periaku konsumtif belanja onlline pada perempuan dewasa awal di Surabaya. Penellitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan skala yang digunakan adalah skala konformitas berdasarkan aspek dari Baron & Byrne (2004), skala kontrol diri berdasarkan aspek dari Averil, skala harga diri berdasarkan aspek dari Ika Sri Rahmudi Nursaitma (2017), dan skala perilaku konsumtif berdasarkan aspek dari Lina & Rosyid (1997). Subjek pada penelitian ini berjumlah 100 orang perempuan dewasa awal dengan rentang usia 2140 taun yang berdomisili di Surabaya dengan menggunakan teknik purposive sampling. Uji hipotesis yang digunakan, yaitu uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS ver 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama (parsial) terdapat hubungan antara masing-masing variabel X dan Y dengan nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05. Serta secara simultan didapat hasil bahwa terdapat hubungan antara konformitas, kontrol diri, dan harga diri dengan perilaku konsumtif, dimana nili signifikan yang didapat sebesar 0,00 < 0,05 dan nilai R Square sebesar 85%. Hal ini mengartikan bahwa konformitas, kontrol diri, dan harga diri memiliki hubungan dengan perilaku konsumtif dengan sumbangan sebesar 85% sedangkan sisanya 15% dipengaruhi oleh variabel lain seperti, gaya hidup, citra tubuh, stres dan lain-lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Sheila Adesheilaade99@gmail.comJ71218063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJainudin, Jainudinjainudin1962@yahoo.com2008056201
Subjects: Psikologi Sosial
Keywords: Konformitas; Kontrol Diri; Harga Diri; Perilaku Konsumtif
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Sheila Ade Hidayah
Date Deposited: 04 Aug 2023 05:42
Last Modified: 04 Aug 2023 05:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56443

Actions (login required)

View Item View Item