Pengembangan instrumen penilaian gamifikasi berbasis media kahoot pada pembelajaran akidah akhlak untuk siswa kelas v di MIN 1 Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adawiyah, Robiatul (2022) Pengembangan instrumen penilaian gamifikasi berbasis media kahoot pada pembelajaran akidah akhlak untuk siswa kelas v di MIN 1 Bojonegoro. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Robiatul Adawiyah_02041020013 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Robiatul Adawiyah_02041020013 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 October 2027.

Download (7MB)

Abstract

Instrumen penilaian yang digunakan di MIN 1 Bojonegoro ini masih menggunakan cara lama yakni metode konvensional, sehingga hasilnya kurang maksimal. Selain itu, keterbatasan media evaluasi yang digunakan serta kurangnya penguasaan digital pada setiap guru menjadi alasan untuk dikembangkannya instrumen penilaian, khususnya pada pembelajaran akidah akhlak kelas V. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan media kahoot dalam pengembangan instrumen penilaian gamifikasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran siswa kelas V di MIN 1 Bojonegoro. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian gamifikasi berbasis media kahoot pada pembelajaran akidah akhlak dan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas media penilaian berbasis media kahoot untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran Akidah Akhlak siswa kelas V di MIN 1 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, angket, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis data kuantitatif. Teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan deskriptif. Sedangkan, teknik analisis kuantitatif menggunakan rumus product moment dari karl pearson untuk mencari validitas dan rumus cronbach alpha untuk mencari reliabilitas. Hasil dari penelitian ini; 1) Pengembangan instrumen penilaian gamifikasi berbasis media kahoot ini untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran akidah akhlak siswa kelas V di MIN 1 Bojonegoro. Produk pengembangan ini dikembangkan dengan menggunakan tahapan dari model ADDIE yang diantaranya; a) analysis, b) design, c) development, d) implementation, e) evaluation. Secara keseluruhan, berdasarkan hasil validasi para ahli produk ini masuk dalam kategori sangat layak. 2) Untuk validitas dan reliabilitas dari produk pengembangan ini dianalisis menggunakan bantuan aplikasi SPSS 16.0. Secara keseluruhan, validitas dari item butir soal pada uji coba tahap 1 dan 2 ini masuk pada kategori valid. Sedangkan, untuk reliabilitas butir soal pada uji coba tahap 1 dan 2 ini mendapat nilai cronbach alpha dikisaran angka mulai dari 0.702 - 0.714. Sehingga, untuk reliabilitas pada uji coba tahap 1 dan 2 ini dapat dikatakan reliabel karena lebih besar dari 0.70.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adawiyah, Robiatuladawiyahrobiatul297@gmail.com02041020013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda70@yahoo.com2007017001
Thesis advisorSyaifudin, Mokhamadmsyaifudin@gmail.com2013107303
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Pengembangan; Instrumen Penilaian; Gamifikasi; Kahoot; Pembelajaran Akidah Akhlak.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ROBIATUL ADAWIYAH
Date Deposited: 15 Oct 2024 03:40
Last Modified: 15 Oct 2024 03:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56474

Actions (login required)

View Item View Item