Analisis Putusan No 0417/Pdt.P/2018/Pa.Sby tentang isbat nikah sirri yang dilakukan sebelum putus perkawinan pertama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

lestari, Dyah Eka (2022) Analisis Putusan No 0417/Pdt.P/2018/Pa.Sby tentang isbat nikah sirri yang dilakukan sebelum putus perkawinan pertama. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dyah Eka Lestari_C91218105 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian ini yaitu deskriptif analisis yakni membuat proses analisis dari sumber hukum yang diadopsi yakni analisa dengan dilandasi pendekatan dan konsep kualitatif atas sumber hukum dengan karakteristik primer serta sekunder. Mencakup komponen isi beserta struktur dari hukum positif yang telah termuat menurut UU No 1 Tahun 1974 dan Putusan No 417/Pdt.P/2018/PA.Sby. Selain menggunakan metode deskriptif, penelitian ini juga mengadopsi teknis analisa deduktif, yaitu metode yang menguraikan gambaran umum beserta inti dari sebuah masalah ditinjau menurut konsep dan teori dengan general, langsung dibandingkan terhadap suatu implementasi dalam realita yang berlangsung selama penelitian dijalankan. Hasil dari penelitian ini ialah mengenai pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara isbat nikah sirri yang dilakukan sebelum putus perkawinan pertama. Dalam putusan No 0417/Pdt.P/2018/PA.Sby tertera bahwa pernikahan sirri yang dilakukan oleh para pemohon sudah memenuhi rukun dan syarat pernikahan. Padahal pernikahan sirri yang telah berlangsung dilakukan sebelum salah satu pihak pemohon dinyatakan putus perkawinan pertamanya oleh pengadilan. Hal ini tentu tidak sejalan dengan Undang perkawinan dan juga kompilasi hukum Islam. Namun hakim mengabulkan permohonan tersebut merupakan ijtihad hakim guna melindungi pernikahan yang telah dilakukan. Saran dari peneliti adalah pertimbangan hakim mengenai permohonan isbat nikah sirri tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Apabila hakim memepertimbangkan bahwa pernikahan tersebut dikabulkan, maka apapun yang menjadi pertimbangan hakim hendaknya dicantumkan dalam putusan. Hal ini guna memeberi pemahaman kepada para pemohon dan juga masyarakat lainnya mengenai apa saja yang mejadi pertimbangan hakim.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
lestari, Dyah Ekadyaheka1312@gmail.comC91218105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorM. Shulthan, M. Shulthansulthonproling@gmail.com2015057203
Subjects: Hukum > Hukum Perdata
Keywords: Analisis Putusan; Nikah sirri; Isbat nikah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Dyah Eka Lestari
Date Deposited: 01 Aug 2023 13:15
Last Modified: 01 Aug 2023 13:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56482

Actions (login required)

View Item View Item