Perhitungan gerhana matahari metode Bessel dengan menggunakan Data Sun And Moon Ephemeris dalam Software Accurate Times

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzani, Muhammad Raafi (2022) Perhitungan gerhana matahari metode Bessel dengan menggunakan Data Sun And Moon Ephemeris dalam Software Accurate Times. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Raafi Fauzani_C06218007 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini menjawab dua rumusan masalah. Pertama, Bagaimana langkah-langkah perhitungan gerhana Matahari metode Bessel dengan menggunakan data Sun and Moon Ephemeris dalam Software Accurate Times. Kedua, bagaimana Hasil perhitungan gerhana Matahari metode Bessel dengan menggunakan data Sun and Moon Ephemeris dalam Software Accurate Times. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis penilitian studi pustaka. Data primer yang digunakan oleh penulis ialah buku “Algoritma Gerhana” dan Aplikasi Accurate Times. Sedangkan data sekunder penulis menggunakan buku, artikel, website, jurnal, skripsi yang mengkaji terkait gerhana Matahari. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah menggunakan telaah dokementasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan. Pertama, langkah perhitungan gerhana Matahari metode Bessel dengan menggunakan data sun and moon ephemeris dalam software Accurate Times yaitu dimulai dengan mencari jam waktu referensi (T0) ketika fraksi iluminasi Bulan memiliki nilai yang sangat kecil di waktu GMT. Kemudian mengambil data Matahari dan Bulan dalam software Accurate Times, mencari sudut waktu ephemeris, menghitung elemen Bessel, menghitung nilai koordinat rectangular pengamat, menghitung koordinat sudut pengamat, menghitung koreksi waktu puncak gerhana Matahari, menghitung koreksi waktu puncak gerhana Matahari pengulangan pertama hingga ketiga, Menghitung waktu tengah gerhana, menghitung koreksi awal dan akhir fase cincin, menghitung waktu awal dan akhir fase cincin, menghitung koreksi untuk awal dan akhir gerhana menggunakan rumus pengulangan atau iterasi, menghitung koreksi awal gerhana (kpl) pengulangan pertama hingga ketiga, menghitung jam awal gerhana, menghitung koreksi akhir gerhana (kpr) pengulangan pertama hingga ketiga, menghitung jam akhir gerhana. Hasil perhitungan jadwal gerhana Matahari metode Bessel dengan dengan menggunakan data sun and moon ephemeris dalam software accurate times apabila dibandingkan dengan hasil jadwal yang dihitung oleh NASA dalam Javascript Solar Eclipse Explorer menghasilkan hasil yang akurat. Hasil jadwal gerhana dengan perhitungan data sun and moon ephemeris dalam software accurate times untuk kasus 15 gerhana untuk beberapa Kota di Indonesia memiliki rata-rata selisih sebesar 2 detik. Selaras dengan kesimpulan penulis rekomendasikan untuk mengambil data dari data sun and moon ephemeris dalam software accurate times, mengingat hasil jadwal gerhana Matahari yang dihasilkan dengan beracuan pada data tersebut terbukti akurat. Jadwal dari perhitungan gerhana Matahari menggunakan data sun and moon ephemeris dalam software accurate times dapat dilakukan penelitian lanjutan dengan melakukan uji verifikasi atas pengamatan kondisi gerhana Matahari di masa mendatang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzani, Muhammad Raafimyciraafi@gmail.comC06218007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSolikin, Agusagussolikin2@gmail.com0716088604
Subjects: Hisab dan Rukyah
Keywords: Gerhana; Gerhana matahari; gerhana bulan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Muhammad Raafi Fauzani
Date Deposited: 04 Aug 2023 04:11
Last Modified: 04 Aug 2023 04:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56488

Actions (login required)

View Item View Item