Efektivitas produk gadai meas di Bank Syariah : studi pada nasabah BSI KC Surabaya RungkutT 1

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sindy, Marchelia Putri (2022) Efektivitas produk gadai meas di Bank Syariah : studi pada nasabah BSI KC Surabaya RungkutT 1. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sindy Marchelia Putri_G74218137 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Data penelitian ini dikumpulkan dengan memakai teknik penelitian lapangan (field research) data diperoleh langsung dari BSI KC Surabaya Rungkut 1 melalui teknik wawancara,observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisa menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola pikir induktif yaitu menganalisis hasil data yang di ambil melalaui wawancara, observasi, dan dokumentasi dan terdapat kaitannya dengan unsur-unsur kesamaan untuk di dapatkan kesimpulan secara khusus. Pendekatan deskriptif analisis digunakan unuk menggambarakan efektivitas produk gadai emas.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa operasional produk gadai emas yang ada di BSI KC Surabaya Rungkut sudah sesuai dengan poin poin yang tertera pada Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor: 25/DSN-MUI/IV/2002 tentang Rahn, Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor: 26/DSN-MUI/IV/2002 tentang Rahn Emas, dan Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor: 09/DSN-MUI/IV/2000 tentang Pembiayaan Ijarah. Akan tetapi, dalam menentukan biaya pemeliharaan atau ujrah, yang mana penentuan besarnya jumlah ujrah yang diberikan kepada nasabah ditentukan berdasarkan jumlah pinjaman yang diterima oleh nasabah. Penentuan biaya ujrah ini ditentukan berdasarkan jumlah pembiayaan dengan pertimbangan jika berdasarkan nilai taskir, nilai ujrah akan berubah-ubah sesuai harga emas, sedangkan berdasarkan nilai pembiayaan ini sesuai dengan akad di awal. Untuk efektivitas Produk gadai emas di BSI KC Surabaya Rungkut 1 dilihat dari indikator efektivitas menyatakan bahwa, pada indikator Pencapaian tujuan terkait sasaran sudah tepat sasaran, namun terkait target pembiayaan masih belum tercapai dengan yang direncanakan. Pada indikator intregrasi dengan adanya promosi ini menunjukkan hasil yang cukup memuaskan dimana jumlah nasabah meningkat setelah dilakukannya program grebek pasar. Pada indikator adaptasi ditinjau dari pelayanan dan fasilitas. Hasil dari pelayanan yang diberikan adanya sebuah perubahan yang nyata dari dua bulan terakhir setelah diresmikan menjadi BSI. Namun pada variabel fasilitas tidak adanya sebuah perubahan yang nyata. BSI KC Surabaya Rungkut 1 diharapkan segera merealisasikan promosi opentable yang telah direncanakan. Untuk dapat mencapai target pembiayaan yang telah direncakanan yang saat ini belum tercapai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sindy, Marchelia Putrisindymputri35241@gmail.comG74218137
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Muhammadmuhammadyazid02@gmail.com2017117304
Subjects: Bank Islam
Ekonomi Islam
Gadai
Keywords: Gadai emas; Bank Syariah Indonesia; Efektivitas
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sindy Marchelia Putri
Date Deposited: 07 Aug 2023 01:37
Last Modified: 07 Aug 2023 01:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56492

Actions (login required)

View Item View Item