Tinjauan hukum pidana islam terhadap tindak pidana gadai bayi Di Kabupaten Pasuruan : studi kasus di Polres Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firmansyah, Muhammad Firdaus (2022) Tinjauan hukum pidana islam terhadap tindak pidana gadai bayi Di Kabupaten Pasuruan : studi kasus di Polres Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Firdaus Firmansyah_C03218015 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian hukum secara empiris melalui pendekatan kualitatif. Data yang dipakai dalam penelitian ini ialah data primer dan data sekunder, dimana data primer diperoleh dari wawancara dengan narasumber sedangkan data sekunder diperoleh dari menelaah buku-buku,jurnal dan lain-lain .Teknis analisis data yang digunakan peneliti yakni teknik deskriptif analisis. Dari hasil penelitian lapangan ditemukan data penangkapan para pelaku tindak pidana gadai bayi oleh pihak Polres Kabupaten Pasuruan yang kemudian dianalisis hukum pidana positif dan h ukum pidana islam dan menghasilkan beberapa fakta yang pertama , penegakan hukum Tindak Pidana Gadai Bayi Di Kabupaten Pasuruan dalam perspektif hukum pidana positif. Kedua, penegakan hukum Tindak Pidana Gadai Bayi Di Kabupaten Pasuruan dalam perspektif hukum pidana islam. Dengan permasalahan ataupun kasus diatas maka kesimpulannya dari para pihak yang berkaitan dengan permasalahan diatas yakni pertama, Sanksi bagi pelaku perdagangan orang tersebut menurut Hukum Pidana positif yaitu UndangUndang Nomor 21 tahun 2007 dan untuk sanksi dalam hukum pidana islam dikenakan hukuman ta’zir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firmansyah, Muhammad Firdausfirmanfirdaus740@gmail.comC03218015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHatta, Moh.hattamuhammad644@gmail.com2026107104
Subjects: Gadai
Hukum > Hukum Pidana Islam
Keywords: pidana; gadai; bayi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Muhammad Firdaus Firmansyah
Date Deposited: 04 Aug 2023 01:58
Last Modified: 04 Aug 2023 01:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56493

Actions (login required)

View Item View Item