Hubungan antara coping stress dengan adiksi game online pada virtual community masa dewasa awal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardana, Dian Wisnu (2022) Hubungan antara coping stress dengan adiksi game online pada virtual community masa dewasa awal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dian Wisnu Wardana_J71216100 FIX.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara coping stress dengan adiksi game online pada virtual community masa dewasa awal. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan antara coping stress dengan adiksi game online. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah coping stress sebagai variabel independen dan adiksi game online sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah responden berusia dewasa awal dengan kriteria rentang usia 20-30 tahun dan menghabiskan waktu untuk bermain game minimal lebih dari 4 jam dalam sehari. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala coping stress dan skala adiksi game online. Koefisien validitas skala coping stress berkisar bergerak dari 0,328 sampai 0,702 sedangkan skala adiksi game online bergerak dari 0,341 sampai 0,793. Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment. Analisis data dalam penelitian ini diperoleh hasil nilai korelasi sebesar -0,296 dengan nilai p sebesar 0,003 atau p < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis (Ha) diterima yang menyatakan ada hubungan yang signifikan dan bersifat negatif antara coping stress dengan adiksi game online pada virtual community masa dewasa awal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardana, Dian Wisnudianwisnu10@gmail.comJ71216100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJainudin, Jainudinjainudin1962@yahoo.com2008056201
Subjects: Psikologi > Psikologi Anak
Psikologi Belajar
Psikologi > Self Regulated Learning
Keywords: coping stress; adiksi game online; masa dewasa awal
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Dian Wisnu
Date Deposited: 30 Jun 2023 02:43
Last Modified: 30 Jun 2023 02:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56494

Actions (login required)

View Item View Item