Tazkiyat Al-Nafs dalam Tasawuf: studi analisis kitab Tafsir Hasbuna Allah Wa Ni’ma Al-Wakil Karya K.H. Ahmad Yasin Asymuni

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musthafa, Ahmad Hikam (2022) Tazkiyat Al-Nafs dalam Tasawuf: studi analisis kitab Tafsir Hasbuna Allah Wa Ni’ma Al-Wakil Karya K.H. Ahmad Yasin Asymuni. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Hikam Musthafa_F02519151 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

K.H. Ahmad Yasin Asymuni dikenal menguasai ilmu hikmah dan mengamalkan praktek tasawuf. Ditemukan dalam kitab Tafsir Hasbuna Allah wa ni’ma al-wakil lebih banyak membahas fadailu lafaz hasbuna Allah wa ni’ma al-wakil sebagai awrad dan hizb dibanding penafsiran ayatnya. Wirid dan dzikir menjadi makanan setiap salik untuk tazkiyatu al-nafs. Karena kitab tafsir lebih cocok disebut kitab wirid, penelitian kemudian difokuskan kepada bab tazkiyat al-nafs didalam penafsirannya ketimbang penafsiran ayat itu sendiri. Penelitian termasuk jenis penelitian pustaka menggunakan metode analisis materi, yaitu mengkaji data dengan tazkiyatu al-nafs milik Sa’id Hawwa sebagai pisau analisa secara cermat untuk menemukan tazkiyatu al-nafs dalam kitab Tafsir Hasbuna Allah Wa Ni’ma al-Wakil. Hasil dari penelitian adalah: Pertama, tazkiyatu al-nafs bisa diartikan sebagai upaya atas bertambahnya keta’atan seorang salik dengan melakukan kebaikan kepada makhluq serta keta’atan kepada Allah dan Rasul-Nya serta menumbuhkan rasa percaya dan kepasrahan penuh kepada Allah sebagai sebaik-baik pelindung (urusan dunia dan urusan akhirat). Kedua, tidak ada tahapan tazkiyatu al-nafs yang dijelaskan secara detail di kitab Tafsir Hasbuna Allah Wa Ni’ma al-Wakil, tetapi amaliah yang diajarkan telah memenuhi tahapan-tahapan tazkiyatu al-nafs secara umum, yaitu tatahhur, tah}aquq, dan takhalluq. Ketiga, ditemukan beberapa sarana yang digunakan Yasin Asymuni dalam upaya tazkiyatu al-nafs, yaitu ketauhidan, shalat, zakat, puasa, haji, tilawatil Qur’an, wirid, shalawat, doa, dan berbuat baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musthafa, Ahmad Hikamikamahmad@gmail.comF02519151
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJamaluddin, Burhanpps@uinsby.ac.id2021125501
Thesis advisorMusafa'ah, Suqiyahuqiefais@gmail.com, suqiyah@uinsby.ac.id2027036301
Subjects: Islam
Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tasawuf
Keywords: Tafsir Sufi; Tazkiyatu al-Nafs
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ahmad Hikam Musthafa
Date Deposited: 03 Aug 2023 01:30
Last Modified: 03 Aug 2023 01:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56500

Actions (login required)

View Item View Item