Hubungan social support dan self compassion dengan optimism pada mahasiswa akhir yang sedang menyelesaikan skripsi di masa pandemi COVID-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amelia, Rizky (2022) Hubungan social support dan self compassion dengan optimism pada mahasiswa akhir yang sedang menyelesaikan skripsi di masa pandemi COVID-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizky Amelia_J71217141 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Optimism merupakan sikap yang wajib dimiliki oleh setiap individu agar ia dapat melalui berbagai hambatan hingga berhasil mencapai target ataupun tujuannya. Tak terkecuali pada mahasiswa akhir yang mengerjakan tugas akhir skripsi. Mahasiswa akhir kerap dihadapkan dengan kesulitan saat mengerjakan tugas akhir skripsi. Terdapat faktor yang dapat mempengaruhi optimism seseorang, diantaranya adalah social support, dan self compassion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan social support dan self compassion terhadap optimism mahasiswa akhir yang sedang menyelesaikan skripsi di masa pandemi COVID-19. Pada penelitian kuantitatif korelasional ini digunakan tiga alat ukur untuk mengumpulkan data yaitu skala social support, skala self compassion, dan skala optimism. Penelitian ini dilakukan di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Subjek berjumlah 357 mahasiswa dari total populasi sebanyak 5080 mahasiswa ditentukan dengan teknik proportionate stratified random sampling. Metode analisis yang digunakan yaitu teknik analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan secara positif antara social support dengan optimism (p = 0.000 dan t = 4.379). Kemudian pada self compassion dengan optimism memiliki hubungan yang signifikan secara positif (p = 0.000 dan t = 8.509). Secara keseluruhan atau bersama-sama social support, dan self compassion dengan optimism berhubungan secara signifikan (p = 0.000 dan F = 113.746). Terakhir variabel optimism dipengaruhi/dijelaskan oleh variabel social support, dan self compassion sebesar 39.1% serta sisanya sebesar 60.9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amelia, RizkyJ71217141@uinsby.ac.idJ71217141
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFithri, Rizmarizmafpk@uinsby.ac.id2012037402
Subjects: Psikologi Sosial
Keywords: Social support; self compassion; optimism
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Rizky Amelia
Date Deposited: 26 Sep 2022 07:45
Last Modified: 26 Sep 2022 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56506

Actions (login required)

View Item View Item