Pengembangan ekowisata pesisir melalui pengolahan tanaman mangrove di Desa Sidorukun Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zubairi, Achmad (2022) Pengembangan ekowisata pesisir melalui pengolahan tanaman mangrove di Desa Sidorukun Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Zubairi_B92217088.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengorganisasian nelayan dalam peningkatan ekonomi melalui pemanfaatan tanaman mangrove. Tujuan pendampingan ini untuk menjaga, mengelola meningkatkan partisipasi masyarakat dan mengembangkan lebih lanjut ekowisata mangrove yang berada di Desa Sidorukun. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya yang dilakukan masyarakat untuk menarik minat wisatawan agar berkunjung di ekowisata mangrove pada saat pandemi covid-19?, 2) Bagaimana pengoptimalan aset dan potensi sebagai upaya membangun kemandirian ekonomi di Desa Sidorukun?. Penelitian ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development), yang merupakan pendekatan dengan memanfaatkan aset dan potensi yang ada di lingkungan masyarakat sebagai bentuk perubahan pola pikir, penyadaran dan pemahaman akan aset dan potensi yang dimiliki. Dalam proses riset pendampingan, langkah-langkah yang digunakan mencakup poin 5D yakni menemukan (discovery), impian (dream), perencanaan (design), menentukan (define) dan tindakan (destiny). Strategi yang akan digunakan untuk meningkatkan perekonomian dibagi menjadi 3 tahapan, yakni sosialisasi pengelolaan tanaman mangrove, pengolahan buah mangrove menjadi minuman sirup dan makanan ringan, dan pelatihan kewirausahaan tentang pemasaran produk.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zubairi, Achmadachmadzubairi20@gmail.comB92217088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThayib, Thayibsyarifthayib@gmail.com2016117001
Subjects: Keterampilan
Pemberdayaan
Pariwisata
Wirausaha
Keywords: Pengorganisasian; Nelayan; Pengolahan Tamaman Mangrove
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Achmad Zubairi
Date Deposited: 30 Apr 2023 16:05
Last Modified: 30 Apr 2023 16:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56522

Actions (login required)

View Item View Item