Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Simth Al Durar karya Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Devy, Amelya Fatma (2022) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Simth Al Durar karya Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amelya Fatma Devy_D01218010 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemerosotan akhlak belakangan ini benar-benar menjadi consent dalam dunia pendidikan. Pendidikan akhlak bisa didapatkan mulai dari keluarga, lingkungan masyarakat dan sekolah, selain itu juga bisa didapatkan dengan membaca literatur-literatur yang mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak, salah satunya adalah kitab simth al-durar karya Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi. Kitab simth al-durar merupakan salah satu kitab maulid yang sedang popular di Indonesia, sehingga banyak umat muslim membaca kitab simth al-durar baik saat peringatan maulid Nabi Muhammad Saw atau setiap Kamis malam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab simth al-durar karya Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi. Jenis penelitian ini adalah penelitian library research dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dari penelitian ini adalah kitab simth al-durar dan sumber data sekunder dikumpulkan dari berbagai jenis literature dengan teknik analisis data content analysis dan hermenutik dengan tahapan inventaris data, reduksi data yang artinya memilih, menganalisis dan interpretasi data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab simth al-durar karya Habib Ai bin Muhammad Al-Habsyi adalah (1) nilai pendidikan akhlak terhadap sang pencipta Allah Swt berupa takwa dan beribadah hanya kepada Allah Swt; (2) nilai pendidikan akhlak terhadap Nabi Muhammad Saw dengan selalu bersholawat kepada Rasulullah Saw; (3) nilai pendidikan akhlak kepada sesama berupa sikap adil, amanah, jujur, dermawan, santun dan penyayang, tawadhu’ dan memenuhi janji atau undangan; (4) nilai pendidikan akhlak kepada diri sendiri berupa rasa malu, berperangai lemah lembut, zuhud atau sederhana, akhlak dalam tertawa dan berbicara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Devy, Amelya Fatmaamelyafatmadevy@gmail.comd01218010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuridamanhuri@mail.com2010045302
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Pendidikan Islam
Keywords: Pendidikan akhlak; Simth Al Durar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Amelya Fatma Devy
Date Deposited: 23 Sep 2022 03:33
Last Modified: 23 Sep 2022 03:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56574

Actions (login required)

View Item View Item