Arsitektur dan fungsi sosial Masjid Jami Tegalsari Jetis Kabupaten Ponorogo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husnawati, Ulil Ulfia (2022) Arsitektur dan fungsi sosial Masjid Jami Tegalsari Jetis Kabupaten Ponorogo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulil Ulfia Husnawati_A92217140 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dengan judul: Arsitektur dan Fungsi Sosial Masjid Jami’ Tegalsari Jetis Kabupaten Ponorogo ini berfokus pada tiga pertanyaan berikut: (1) Bagaimana Sejarah Berdirinya Masjid Jami’ Tegalsari Jetis Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana Fungsi Sosial Masjid Jami’ Tegalsari Bagi Masyarakat Sekitar? (3) Bagaimana Arsitektur Masjid Jami’ Tegalsari Jetis Kabupaten Ponorogo?. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis dan pendekatan budaya oleh Koentjaraningrat, yang menyatakan bahwa karya arsitektur sebagai salah satu wujud paling konkret dari kebudayaan. Pendekatan historis digunakan untuk memaparkan sejarah dan perkembangan Masjid Jami’ Tegalsari Ponorogo. Terdapat dua teori yang digunakan dalam memudahkan penelitian ini yaitu, teori Continuity and Change dan teori fungsional. Analisis makna digunakan dalam penelitian untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan lambang dan simbol yang berperan sebagai bahasa dalam arsitektur. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah dengan tahapan-tahapan heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Hasil dari analisis data dapat di simpulkan bahwa, (1) Masjid Jami’ Tegalsari Ponorogo didirikan pada tahun 1724 Masehi oleh Kyai Ageng Muhammad Besari. Masjid ini mengalami berbagai perkembangan dari segi bangunan yang terlihat secara berkala mulai dari tahun 1978 sampai sekarang. (2) Dalam sejarahnya Masjid Jami’ Tegalsari Ponorogo mempunyai fungsi sosial bagi kehidupan masyarakat sebagai salah satu upaya memakmurkan masjid. (3) Pada arsitektur Masjid Jami’ Tegalsari Ponorogo terdapat makna serta unsur budaya yang menyertai keindahan bangunan masjid. Unsur budaya tersebut adalah budaya arsitektur Jawa dan budaya arsitektur Timur Tengah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husnawati, Ulil Ulfiaulilulfiahusnawati@gmail.comA92217140
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Subjects: Arsitektur
Masjid
Keywords: Arsitektur; Masjid Jami
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ulil Ulfia Husnawati
Date Deposited: 23 Sep 2022 03:39
Last Modified: 23 Sep 2022 03:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56575

Actions (login required)

View Item View Item