Realisasi nilai Agama dan Budaya Lokal: studi tentang tradisi jangkrik genggong di Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ervita, Yulis Riyana (2021) Realisasi nilai Agama dan Budaya Lokal: studi tentang tradisi jangkrik genggong di Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ervita Yulis Triana_E02217013 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Realisasi Nilai Agama dan Budaya Lokal Studi Tentang Tradisi Budaya Jangkrik Genggong yang dilaksanakan di Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Agama serta budaya lokal merupakan pembahasan yang menarik, dimana agama ialah rahmat untuk semesta alam, serta kehadirannya dimuka bumi ini agama berbaur dengan budaya lokal pada suatu masyarakat tidak dapat dipisahkan karena keduaya merupakan bagian yang saling mendukung. Agama merupakan simbol yang melambangkan nilai ketaatannya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kebudayaan pula memiliki nilai serta melambangkan simbol supaya manusia dapat hidup didalamnya. Agama yang berkembang di masyarakat jawa juga sangat kental dengan tradisi dan budayanya. Tradisi dan budaya jawa yang sampai saat ini masih mendominasi tradisi nasional di Indonesia dan termasuk di Desa Sidomulyo Pacitan. Salah satu tradisi budayanya adalah Tradisi Budaya Jangkrik Genggong Tradisi ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rejeki berupa hasil laut dan hasil bumi kepada masyarakat Desa Sidomulyo Pacitan. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui bagaimana prosesi tradisi Budaya Jangkrik Genggong di Desa Sidomulyo Kabupaten Pacitan? Dan bagaimana realisasi nilai agama terhadap Tradisi Budaya Jangkrik Genggong di Desa Sidomulyo Kabupaten Pacitan? Penelitian ini dengan menggunakan pendekatan etnografi James Spradley yang peneliti langsung hubungkan dengan teori kohesi sosial Emile Durkheim. Peneliti langsung turun ke lapangan dengan melakukan observasi, wawancara, mencari sumber data, kemudian melakukan analisis, kemudian menyusun laporan.Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana prosesi Tradisi Budaya Jangkrik genggong di Desa Sidomulyo Kabupaten Pacitan dan memahami, menganalisis, dan menjelaskan realisasi nilai agama terhadap tradisi jangkrik genggong di Desa Sidomulyo Pacitan. Temuan dari penelitian ini adalah bahwa dengan adanya Tradisi Budaya Jangkrik Genggong dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat Desa Sidomulyo serta dengan adanya tradisi ini membuat masyarakat Desa Sidomulyo semakin rukun karena kohesi sosialnya sangat kuat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ervita, Yulis Riyanaervitayulis@gmail.comE02217013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFeryani, Umi Rosidahferyani66@gmail.com2008026901
Subjects: Kebudayaan Jawa
Keywords: Realisasi Nilai Agama; Budaya; Kohesi Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: ervita yulis riyana
Date Deposited: 30 Jun 2023 12:23
Last Modified: 30 Jun 2023 12:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56580

Actions (login required)

View Item View Item