Peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam mengembangan UMKM di Kelurahan Gundih Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'mah, Jazilatun (2022) Peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam mengembangan UMKM di Kelurahan Gundih Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jazilatun Ni'mah_B92217108.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran yang dilakukan kelompok informasi masyarakat (KIM) dalam mengembangkan UMKM di Kelurahan Gundih Surabaya. Berfokus pada aset dan potensi yang ada yakni adanya penulis serta kelompok informasi masyarakat (KIM) dan komunitas UMKM dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode ABCD (Asset Based Community Development) berbasis aset dan pengembangan potensi yang ada di wilayah dampingan. Melalui langkah-langkah dalam Apreciative Inquiry yang terdiri dari 5-D masyarakat secara pastisipatif mmelakukan aksi perubahan mulai dari mempelajari, menentukan tema dan skenario perubahan (Define), menemu kenali dan mengungkap aset komunitas (Discovery), membangun mimpi dan harapan proyeksi masa depan (Dream), merancang dan menyusun strategi untuk mewujudkan mimpi yang sudah dibangun dan melakukan mobilisasi aset dan aksi partisipatif dari strategi yang sudah dirancang rangkaian (Design), dan selanjutnya kegiatan tersebut dilengkapi dengan monitoring dan evaluasi secara partisipatif (Destiny). Hasil pendampingan yang dilakukan yakni adanya perubahan pola pikir kelompok KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) dalam mengembangkan komunitas UMKM di Kelurahan Gundih untuk menjadi lebih bermanfaat dan membantu ekonomi yang kreatif. Kegiatan dimulai dari tahap pengadaan edukasi informal, tahap perencanaan program, tahap implementasi program, tahap sosialisasi pengurus RW dan RT, hingga tahap evaluasi program. Sehingga dari kegiatan yang telah dilakukan dapat berperan dan berkontribusi dalam mengembangkan komunitas UMKM di Kelurahan Gundih Surabaya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'mah, Jazilatunjazilatunnimah31@gmail.comB92217108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Pudjirahmawatipudji@yahoo.co.id2025036703
Subjects: Masyarakat
Keywords: Pengorganisasian; Peningkatan UMKM Gundih; Pemanfaatan UMKM Gundih
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Jazilatun Ni'mah
Date Deposited: 18 Oct 2023 06:07
Last Modified: 18 Oct 2023 06:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56608

Actions (login required)

View Item View Item