SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR (SD) ISLAM MARYAM SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Mareta (2016) SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR (SD) ISLAM MARYAM SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kurikulum 2013 adalah kurikulum terbaru yang diluncurkan oleh Departemen Pendidikan Nasional mulai tahun 2013 sebagai bentuk pengembangan dari kurikulum 2006 yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu.
Penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang mana peneliti akan mencoba mendeskripsikan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Penerapan Kurikulum 2013 di SD Islam Maryam Surabaya. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana kegiatan supervisi akademik kepala sekolah di SD Islam Maryam dan dapat merumuskan supervisi akademik kepala sekolah dalam penerapan kurikulum 2013 di SD Islam Maryam. Hasil dari penelitian ini, secara empiris akan dapat menjadi keilmuan dalam mengkontruksi paradigma kepala sekolah tentang supervisi akademik.
Temuan dalam penelitian ini adalah kegiatan supervisi akademik kepala sekolah yang optimal merupakan kunci utama dari suksesnya penerapan kurikulum 2013 di SD Islam Maryam, sebagaimana teori supervisi akademik yang dikaji pada umumnya, sekolah ini menyusun perencanaan dengan matang, membuat jadwal pelaksanaan supervisi akademik, menerapkan supervisi akademik teknik kunjungan kelas dengan semaksimal mungkin, dan mengadakan evaluasi secara intens dalam setiap semester sekali. Selain dari pada itu, tanggung jawab kepala sekolah yang besar, profesionalisme guru yang terus ditingkatkan, fasilitas sekolah yang serba berbasis teknologi modern, dan aktifitas peserta didik yang terjadwalkan dengan rapi juga merupakan kunci keberhasilan kurikulum 2013 di SD Islam Maryam

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Maretamaretasalsabila6@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Supervisi Akademik; Kurikulum 2013
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: mareta salsabila yahdi
Date Deposited: 22 Apr 2016 06:23
Last Modified: 22 Apr 2016 06:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5662

Actions (login required)

View Item View Item