Analisis continuance intention pada uang elektronik menggunakan expectation confirmation model

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nihayah, Izatun (2022) Analisis continuance intention pada uang elektronik menggunakan expectation confirmation model. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izatun Nihayah_H76218031 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mobile payment telah menarik banyak perhatian dari berbagai kalangan baik konsumen atau para merchant. Dengan popularitas pembayaran seluler dan jumlah penyedia pembayaran yang berkembang pesat, penting untuk mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi niat kelanjutan pembayaran seluler, terutama uang elektronik untuk kesuksesan dan keberlangsungan jangka panjang uang elektronik. Penelitian ini menggunakan kerangka Expectation-Confirmation Model (ECM) dengan menambahkan variabel Service Features, Habit, trust, dan Perceived Security & Privacy. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui faktor niat pengguanaan aplikasi uang elektronik secara terus menerus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioner terhadap 303 responden yang menggunakan 5 aplikasi uang elektronik (OVO, GoPay, ShopeePay, Dana, dan LinkAja). Proses pengolahan data pada penelitian ini menggunakan metode PLS SEM dengan bantuan software Smart PLS. Hasil menunjukkan bahwa habit, satisfaction dan trust telah menjadi faktor utama yang mempengaruhi niat konsumen untuk melanjutkan pengunaan aplikasi layanan uang elektronik. Sedangkan perceived usefulness tidak signifikan secara langsung mempengaruhi mempengaruhi niat konsumen untuk melanjutkan pengunaan aplikasi layanan uang elektronik melainkan melalui habit dan trust. Variabel perceived security & privacy juga secara tidak langsung berpengaruh terhadap niat melanjutkan penggunaan layanan aplikasi uang elektronik melalui variabel trust dan satisfaction.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nihayah, Izatunh76218031@uinsby.ac.idH76218031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmrozi, Yusufyusuf.amrozi@uinsby.ac.id2003077601
Thesis advisorRidwan, Mujibmujibrw@uinsby.ac.id2027048602
Subjects: Teknologi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Continuance Intention; Uang Elektronik; Mobile Payment; Expectation Confirmation Model; PLS-SEM
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Izatun Nihayah
Date Deposited: 18 Oct 2023 05:28
Last Modified: 18 Oct 2023 05:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56631

Actions (login required)

View Item View Item