‘Ibrah dari Kisah Nabi Yusuf dalam Al-Qur’an: studi kitab Tafsir Al-Munir Karya Wahbah Az Zuhaili

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Falaqi, Muhammad Rasyid Ridho (2022) ‘Ibrah dari Kisah Nabi Yusuf dalam Al-Qur’an: studi kitab Tafsir Al-Munir Karya Wahbah Az Zuhaili. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rasyid Ridho Al Falaqi_E73218056 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Model penelitian ini bersifat penelitian kepustakaan atau library research, metodenya berupa deskriptik analitik yaitu, riset terhadap ayat-ayat Al-Qur’an sebagai jawaban atas data-data yang telah dipaparkan, tetapi secara subtansial dari data kepustakaan yang relevan. Dalam problematika saat ini kurangnya masyarakat mengetahui akhlak dan moralitas, padahal urgensi dari akhlak ini sangat penting diterapkan di masyarakat pada masa sekarang. Dengan demikian moral disini sudah menjadi pusat perhatian sorotan masyarakat. Jika moral masyarakat dan bangsa rusak, ketentraman dan kehormatan bangsa itu akan hilang. Oleh karena itu dalam menyikapi hal tersebut, mengetahui tentang kisah-kisah dalam Al-Qur’an seperti kisahnya Nabi Yusuf yang perlu diteladani dan diambil pelajaran dari segi akhlak, ibadah, dan ketuhanan. Dalam hal ini, tindakan dalam bidang akademik dibuatlah penelitian ini yang berjudul ‘Ibrah Dari Kisah Nabi Yusuf Dalam Al-Qur’an. Hasil dari penelitian ini didasarkan pada ayat-ayat yang relevan dalam surah yusuf perspektif Tafsir Al-Munir Karya Wahbah Az Zuhaili.Pelajaran dari kisah Nabi Yusuf memberikan teladan dari segi sabar, sifat iffah, sifat muru’ah, jujur, amanah, sayang terhadap saudara, pemaaf, bersyukur, bertawakal dan bertakwa. Dalam hal ini, meneladani ‘Ibrah dari kisah Nabi Yusuf adalah suatu keharusan bagi umat muslim untuk diterapkan di masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Falaqi, Muhammad Rasyid Ridhorasyid.alfalaqi810@gmail.comE73218056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, Abuabubakaryamani@yahoo.com--
Subjects: Adab
Nabi dan Rasul
Al Qur'an
Keywords: Kisah; ‘Ibrah; Tafsir Al-Munir.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: S. Ag. Muhammad Rasyid Ridho Al Falaqi
Date Deposited: 29 May 2023 11:43
Last Modified: 29 May 2023 11:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56632

Actions (login required)

View Item View Item