Makna Komunikasi dalam Hadis tentang Islam, Iman dan Ihsan: studi analisis semiotika Umberto Eco

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Marjani, Muhammad Yusuf (2021) Makna Komunikasi dalam Hadis tentang Islam, Iman dan Ihsan: studi analisis semiotika Umberto Eco. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Yusuf Marjani_B75217091 FIX.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas makna pesan dalam suatu hadis. Apa makna komunikasi yang ada dalam hadis tentang islam, iman dan ihsan? Penelitian ini menggunakan metode analisis teks media, yang dianalisis secara kritis dengan teori semiotika Umberto Eco.Hasil penelitian ini, yakni adanya makna yang terkandung pada proses komunikasi yang ada pada hadis tersebut. Diantaranya seperti makna komunikasi pada penampilan dan gestur Jibril dalam berkomunikasi yang merepresentasikan penyesuaian serta kedekatan pada lawan bicara, sebutan Jibril pada Nabi yang menunjukkan etika berkomunikasi pada sosok yang berderajat lebih tinggi, pertanyaan Jibril pada Nabi yang menunjukkan sebuah kelompok diskusi yang dibuat untuk menyampaikan pesan pada khalayak sahabat, jawaban Nabi tentang terjadinya hari kiamat yang menunjukkan tentang kehati-hatian dalam menyampaikan informasi, serta pada skup yang lebih luas status hadis yang merupakan media Tuhan dalam berkomunikasi pada khalayak. Makna tersebut nantinya diharapkan memiliki implikasi serta aksi yang nyata pada realitas zaman. Penelitian ini berfokus pada redaksi hadis yang berkaitan dengan proses komunikasi yang ada, ketidaksempurnaan tersebut selanjutnya dapat dilengkapi oleh penelitian yang akan datang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Marjani, Muhammad Yusufmyusufmarjani@gmail.comB75217091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSattar, Abdullah--2017126501
Subjects: Hadis
Keywords: Makna; Proses Komunikasi; Hadis
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Muhammad Yusuf Marjani
Date Deposited: 10 Jul 2023 05:35
Last Modified: 10 Jul 2023 05:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56636

Actions (login required)

View Item View Item