Khamar perspektif tafsir ‘ilmi Kementerian Agama RI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahmad, Farah Azizah (2022) Khamar perspektif tafsir ‘ilmi Kementerian Agama RI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farah Azizah_E73218037 OK.pdf

Download (780kB)

Abstract

Fenomena konsumsi minuman beralkohol merupakan masalah sosial yang telah lama terjadi di masyarakat. Mabuk-mabukan menjadi tren yang tidak hanya terjadi pada generasi perkotaan tetapi pada generasi pelosok atau generasi yang ada pada perkampungan. Bahkan tidak jarang terdapat kasus perkelahian, kenakalan remaja, premanisme, bahkan tindakan kriminal yang terjadi akibat penyalahgunaan mengonsumsi minuman keras. Karena hal ini penelitian tentang khamar perspektif Tafsir Ilmi Kementerian Agama RI dilakukan.Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah penafsiran ayat-ayat tentang khamar dan metode yang digunakan dalam Tafsir Ilmi Kementerian Agama RI, serta menjelaskan pengaruh khamar pada kehidupan manusia menurut Tafsir Ilmi Kementerian Agama RI.Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian yang bersifat kepustakaan ini (library research) menggunakan metode deskriptif, yakni berusaha untuk menjelaskan dan menggambarkan penafsiran Tafsir Ilmi Kementerian Agama RI apa adanya mengenai ayat-ayat khamar dalam Alquran, kemudian penjelasan ayat-ayat khamar akan dikaji dan dianalisis dengan penafsiran ahli tafsir yang lain dan keilmuan sains.Hasil penelitian yang didapatkan adalah khamar merupakan minuman dari hasil fermentasi buah yang memiliki kandungan alkohol jenis etanol, yakni zat adiktif yang jika dikonsumsi mengakibatkan penurunan kesadaran. Adapun sebab pengharaman khamar karena khamar banyak mengandung mudharat bagi manusia seperti menimbulkan banyak masalah kesehatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahmad, Farah Azizahazizahfrh7@gmail.comE73218037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Mohammad Hadihadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Subjects: Minuman Keras
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Khamar; Alkohol; Kemenag
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Farah Azizah Ahmad
Date Deposited: 30 Jun 2023 12:53
Last Modified: 30 Jun 2023 12:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56654

Actions (login required)

View Item View Item