Sejarah perkembangan Yayasan Nurul Hasanah Surabaya tahun 1996-2021 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Markhumah, Nava Khurin (2022) Sejarah perkembangan Yayasan Nurul Hasanah Surabaya tahun 1996-2021 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nava Khurin Markhumah_A02218030.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini menggunakan metode penelitian sejarah dengan empat langkah, yaitu Heuristik (pengumpulan sumber), verifikasi (kritik sumber), interpretasi (penafsiran sumber), dan historiografi (penulisan sejarah). Sementara itu, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sejarah yang berfungsi untuk menggambarkan peristiwa di masa lalu. Selain itu, digunakan juga pendekatan sosiologis yang berfungsi untuk memberikan penguraian unsur-unsur sosial mengenai jaringan interaksi, pola kelakuan, hingga struktur suatu organisasi. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah institusi sosial menurut Paul B. Horton dan Chaster L. Hunt serta teori perkembangan menurut G. Kartasapoetra. Berdasarkan hasil kajian penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Yayasan Nurul Hasanah didirikan Susila Sukmawati pada tahun 1996. Yayasan ini didirikan atas keprihatinan Susila Sukmawati terhadap tingginya biaya pendidikan pada waktu itu, terutama yang dibebankan pada orang tua tunggal. (2) Perkembangan yang terjadi pada Yayasan Nurul Hasanah meliputi tiga aspek, antara lain: sarana dan prasarana, jumlah anak asuh, serta program kegiatan. (3) Faktor-faktor pendukung perkembangannya meliputi: kemitraan dengan Yatim Mandiri, semangat dan antusiasme pengurus, dan kepercayaan donatur. Sementara itu, faktor-faktor penghambat perkembangan yayasan ini antara lain: tidak ada tunjangan tetap dari pemerintah, pandangan negatif masyarakat sekitar, dan sarana dan prasarana yang terbatas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Markhumah, Nava Khurinnava.ming@gmail.comA02218030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhdi, Ahmadzuhdidh@gmail.com2011106101
Thesis advisorJuma', Juma'eden.jou@@gmail.com--
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Kesejahteraan Sosial
Panti Asuhan
Keywords: Yayasan Nurul Hasanah; anak asuh; perkembangan.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Nava Khurin Markhumah
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:18
Last Modified: 08 Jun 2023 02:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56661

Actions (login required)

View Item View Item