Analisis Hukum Islam terhadap praktek makelar ikan tanpa kejelasan harga di TPI Desa Kranji Paciran Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ihsan, M. Syahrul (2022) Analisis Hukum Islam terhadap praktek makelar ikan tanpa kejelasan harga di TPI Desa Kranji Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Syahrul Ihsan_C72218076.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan yang ada di rumusan masalah tentang bagaimana analisis praktek makelar ikan tanpa kejelasan harga di TPI Desa Kranji Paciran Lamongan serta bagaimana analisis hukum Islam terhadap praktek makelar ikan tanpa kejelasan harga di TPI Desa Kranji Paciran Lamongan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan. Data yang diambil dilakukan melalui wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang menggunakan pola berpikir deduktif, yaitu mengumpulkan data kemudian di analisis dan di interpresentasikan secara umum ke khusus untuk di tarik kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pertama: praktek makelar ikan tanpa kejelasan harga di TPI Desa Kranji Paciran Lamongan dilakukan tanpa adanya kejelasan mengenai harga penjualan ikan dan perjanjian mengenai upah untuk makelar. Hal ini menyebabkan nelayan merasa dirugikan. Kedua: praktek makelar ikan tanpa kejelasan harga di TPI Desa Kranji Paciran Lamongan tersebut tidak sah karena belum sesuai syariah islam dan belum terpenuhi rukun dan syaratnya, yaitu tidak memberikan informasi yang sebenarnya mengenai penjualan ikan dan tidak ada kejelasan potongan upah yang diambil, dan mengandung unsur gharar. Sehingga nelayan merasa ditipu dan mengeluh. Searah dengan kesimpulan di atas maka, pertama: bagi pihak makelar harus lebih mengedepankan prinsip syariat islam, menjaga transaksi supaya tidak laksanakan dengan cara yang bathil dan tidak menyalahi syara’. Kedua: bagi nelayan harus lebih teliti atau pintar dalam memantau harga ikan yang terjual di TPI dan upah yang diambil harus dijelaskan di awal biar transaksi berjalan lancar tidak menimbulkan kemudhoratan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ihsan, M. Syahrulsyahrulihsan67@gmail.comC72218076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl Hamidy, abu dzarrinadzarrin2015@gmail.com197306042000031005
Subjects: Hukum Ekonomi
Jual Beli
Muamalat Muamalah
Keywords: Makelar; Jual beli; makelar ikan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: M Syahrul Ihsan
Date Deposited: 20 Dec 2022 08:12
Last Modified: 20 Dec 2022 08:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56665

Actions (login required)

View Item View Item