Analisis penalaran matematis siswa berbasis soal PISA pada konten Change and Relationship ditinjau dari kepribadian Tipologi Hippocrates-Galenus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Mayang Angelica (2022) Analisis penalaran matematis siswa berbasis soal PISA pada konten Change and Relationship ditinjau dari kepribadian Tipologi Hippocrates-Galenus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mayang Angelica Putri_D74217056 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan penalaran matematis siswa dapat ditingkatkan, salah satunya dengan memberikan soal PISA (Program for International Student Assesment) agar siswa mendapatkan soal penalaran matematis yang lebih tinggi. Selain kecerdasan dan penalaran matematis, tipe kepribadian juga berpengaruh terhadap pembelajaran matematika. Kepribadian dibagi menjadi beberapa tipe salah satunya adalah tipe kepribadian yang dikembangkan oleh Galenus berdasarkan Hippocrates. Siswa yang memiliki tipe kepribadian yang berbeda berdasarkan tipologi Hippocrates-Galenus akan memicu kemampuan penalaran matematis yang berbeda pula.Penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di kelas VIII SMP “WARDHANI” Surabaya. Instrumen dalam penelitian ini yaitu, lembar angket tes kepribadian tipologi Hippocrates-Galenus, lembar tes soal PISA (Programme for Internasional Student Assesment) dan pedoman wawancara. Data tes tulis dan wawancara dipaparkan, direduksi dan dianalisis dengan menyesuaikan pada indikator penalaran matematis. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Siswa berkepribadian choleris cukup mampu mengajukan dugaan dalam mengerjakan soal matematika dengan menuliskan apa yang diketahui dan ditanya dalam soal tersebut. Siswa berkepribadian choleris cukup mampu memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa solusi. Namun kurang mampu menarik kesimpulan serta menjelaskan kesahihan jawabannya dengan baik. (2) Siswa berkepribadian melancholis mampu mengajukan dugaan dalam mengerjakan soal matematika dengan baik. Siswa melancholis mampu menyusun bukti memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa solusi dengan baik pula. Siswa berkepribadian melancholis mampu menarik kesimpulan cukup baik namun kurang mampu menjelaskan bukti kesahihan jawabannya. (3) Siswa berkepribadian plegmatis cukup mampu mengajukan dugaan dalam mengerjakan soal matematika. Siswa plegmatis cukup mampu menyusun bukti dan memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa solusi. Namun siswa dengan kepribadian plegmatis tidak mampu menarik kesimpulan dan menjelaskan kesahihan jawabannya dengan baik (4) Siswa berkepribadian sanguinis mampu mengajukan dugaan dalam mengejarkan soal matematika dengan baik. Siswa berkepribadian sanguinis mampu memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa solusi dengan baik pula. Siswa dengan kepribadian melancholis mampu menarik kesimpulan dengan baik namun kurang mampu menjelaskan kesahihan jawabannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Mayang AngelicaMayangangelicaputri@gmail.comD74217056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Tes Belajar
Keywords: Penalaran Matematis; soal PISA programme for international student assesment; konten change and relationship, kepribadian tipologi hippocrates-galenus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mayang Putri
Date Deposited: 22 Oct 2023 01:19
Last Modified: 22 Oct 2023 01:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56674

Actions (login required)

View Item View Item