Implementasi pembelajaran pembelajaran masa transisi pandemi covid-19 di MI Darussalam Sambiroto Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Fitri Aenul (2022) Implementasi pembelajaran pembelajaran masa transisi pandemi covid-19 di MI Darussalam Sambiroto Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitri Aenul Azizah_D97217048 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena pembelajaran daring (online) dirasa efektif pada masa pandemi Covid-19 terutama di daerah perkotaan, tetapi berbeda dengan di daerah pedesaan atau daerah terpencil yang merasa kesulitan apabila menerapkan pembelajaran daring. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk modifikasi materi ajar pada pembelajaran masa transisi disampaikan seperti biasa. Namun beberapa guru antusias untuk meringkas materi sebelum disampaikan kepada siswa. Dengan demikian siswa lebih mudah memahami dan waktu yang digunakan saat jam pembelajaran berlangsung dengan baik. (2) Bentuk modifikasi pengelolaan kelas pada masa transisi ini di mulai dari menjaga jarak saat di dalam ruangan maupun luar ruangan, memakai masker, mencuci tangan serta membawa bekal sendiri�sendiri dari rumah. Untuk kondisi di dalam ruangan tempat duduk siswa diberi jarak 1.5 meter dan disediakan hand sanitizer di setiap ruangan. Menerapkan sistem kelas bergilir yang di bagi 2 yaitu kelas atas (4, 5, 6) pada hari senin, rabu, jum’at dan kelas bawah (1, 2, 3) pada hari selasa, kamis dan sabtu. (3) Bentuk modifikasi jadwal pembelajaran masa transisi menggunakan satu jam pembelajaran selama 25 menit. Sistem kelas bergilir tetap dilaksanakan mulai dari kelas atas masuk pada hari senin, rabu, jum’at dan kelas bawah masuk pada hari selasa, kamis dan sabtu. Penerapan jadwal ini berlaku bagi seluruh siswa dan staf guru madrasah agar dapat menghimbau berkurangnya kerumunan dalam ruang maupun luar ruangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Fitri AenulAzizahuinsa@gmail.comD97217048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Materi Ajar; Pengelolaan Kelas; Jadwal Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fitri Aenul Azizah
Date Deposited: 30 Jun 2023 14:35
Last Modified: 30 Jun 2023 14:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56707

Actions (login required)

View Item View Item