Jaringan politik dalam dinamika politik lokal: studi Gerakan Muslim (Geslim) di Kepulauan Kangean Kabupaten Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rudiyanto, Rudiyanto (2020) Jaringan politik dalam dinamika politik lokal: studi Gerakan Muslim (Geslim) di Kepulauan Kangean Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rudiyanto_E04213095 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Politik lokal di Indonesia memperlihatkan satu fenomena politik yang tampak bertolak belakang, para elit politik saling bersaing sengit, namun sekaligus bekerjasama. Dengan demikian, persaingan antar elit politik lokal dapat dimaknai sebagai situasi yang menegaskan berbagai perbedaan politik mereka demi mengartikulasikan kepentingan kolektif kelompok sosial yang coba diwakili. keterlibatan sejumlah elit pada jaringan politik dalam meng-intervensi terhadap pilihan politik masyarakat telah menjadikan pemilu kehilangan substansinya sebagai media demokrasi. Pilihan masyarakat di tentukan oleh elit sebagai lokomotif merebut dan mempertahankan kekuasannya. Dalam penelitian ini difokuskan untuk menjawab dua masalah utama, yakni: Bagaimana pola penyebaran jaringan politik geslim? dan bagaimana pengaruh GESLIM dalam politik lokal Kepulauan Kangean? Dimaksudkan untuk menganalisis dan mempelajari bagaimana jaringan politik dalam dinamika politik lokal, studi gerakan muslim (geslim) di Kepulauan Kangean. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif mencoba menggambarkan fenomena yang terjadi, dan penetuan informan menggunakan teknik purposive sampling

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rudiyanto, Rudiyantorudyanto081@gmail.comE04213095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFakhruddin, M. Anasfakhruddinanas@gmail.com198202102009011007
Subjects: Demokrasi Islam
Keywords: Jaringan politik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Rudi Yanto
Date Deposited: 23 Sep 2022 07:59
Last Modified: 23 Sep 2022 07:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56736

Actions (login required)

View Item View Item