Cognitive Behavior Therapy (CBT) dengan teknik muhasabah diri dalam mengendalikan kecanduan Smartphone pada seorang remaja di Desa Wedoro Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Makmuria, Mega Hanim (2022) Cognitive Behavior Therapy (CBT) dengan teknik muhasabah diri dalam mengendalikan kecanduan Smartphone pada seorang remaja di Desa Wedoro Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mega Hanim Makmuria_B73218098 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitioan ini adalah 1) Untuk mengetahui proses cognitive behavior therapy (CBT) dengan teknik muhasabah diri dalam mengedalikan kecanduan smartphone pada seorang remaja di Desa wedoro Kecamatan waru Kabupaten sidoarjo. 2) Untuk mengetahui hasil cognitive behavior therapy (CBT) dengan teknik muhasabah diri dalam mengedalikan kecanduan smartphone pada seorang remaja di Desa wedoro Kecamatan waru Kabupaten sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus yang kemudian dianalisis dengan deskriptif komparatif, Hasil yang didapat dari hasil proses konseling melalui cognitive behavior therapy (CBT) menggunakan teknik muhasabah diri dalam mengendalikan kecanduan smartphpne. Sebelum proses konseling, konseli belum bisa mengubah perilaku ketergantungan menjadi perilaku rasional dan logis karena awal mulanya konseli beranggapan bahwa smartphpne hanya mengisi waktu luang konseli ternyata lama – lama menjadi kecanduan dan membuat konseli lebih up to date dengan smartphpne yang dimilikinya. Maka setelah melakukan proses konseling dengan lima tahapan konseli sudah mulai sedikit demi sedikit perilaku konseli tersebut berubah dengan dilaksanakannya proses konseling dan pemberian treatmen pada konseli, dan treatmen yang dilakukan ini cukup berhasil menunjukan terjadinya perubahan perilaku yang irasional menjadi lebih rasional dan logis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Makmuria, Mega Hanimmegahanim1999@gmail.comB73218098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCholil, Cholilcholiluman@gmail.com2015066501
Subjects: Anak
Terapi
Anak > Kepribadian
Keywords: Cognitive Behavior Therapy (CBT); Muhasabah Diri; Dan Kecanduan Smartphone.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mega Hanim Makmuria
Date Deposited: 21 Oct 2023 12:31
Last Modified: 21 Oct 2023 12:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56772

Actions (login required)

View Item View Item