Strategi kebertahanan bisnis wisata pada masa Covid 19 berdasarkan nilai - nilai etos kerja Islam di Wahana Kampoeng Drenges Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muttaqin, M. Khoirul (2022) Strategi kebertahanan bisnis wisata pada masa Covid 19 berdasarkan nilai - nilai etos kerja Islam di Wahana Kampoeng Drenges Bojonegoro. Masters thesis, UIN Sunan Ampel surabaya.

[img] Text
M. Khoirul Muttaqin_F02419126 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini berjudul “Strategi Kebertahanan Bisnis Wisata Pada Masa Covid-19 Berdasarkan Nilai Nilai Etos Kerja Islam Di Wahana Kampoeng Drenges Bojonegoro”. Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, menganalisis strategi bisnis yang diterakan saat ini di Wahana Kampoeng Drenges (WKD) Bojonegoro. Kedua, menganalisis strategi kebertahan bisnis pada masa pandemi Covid-19 di WKD. Ketiga, menganalisis penerapan nilai-nilai etos kerja dalam Islam yang ada dalam strategi kebertahanan bisnis pada masa pandemi Covid-19 di WKD Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskritif. Sumber data diperoleh melalui data primer dan sekunder dengan prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawncara, dan dokumentasi. Beberapa informan dalam penelitian ini diantaranya adalah pemilik WKD, karyawan, dan masyarakat sekitar WKD. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Selain itu dalam penelitian ini juga menggunakan analisis SWOT untuk merumuskan hasil strategi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: Pertama, Strategi Bisnis WKD terdiri dari beberapa tahapan strategi, yaitu Strategi produk yang terdiri dari kualitas produk, fitur produk, dan desain produk. Strategi promosi yang terdiri Personal selling, Publisitas, dan Sales promotion. Strategi Sumber Daya Insani (SDI) yang terdiri beberapa tahapan proses yang dianggap penting oleh manajeman WKD, yaitu rekrutmen, pelatihan, dan reward. Strategi harga yang dilakukan dengan membebaskan biaya tiket masuk bagi pengunjung. Kedua, Strategi kebertahan bisnis pada masa pandemi Covid-19 di WKD terdiri dari beberapa langkah, yaitu pengotimalan kegiatan pemasaran (marketing) yaitu melalui pemasaran secara online (digital marketing) dan pemasaran secara langsung dengan mendatangi instansi ataupun lembaga untuk diajak kerjasama. Pengembangan Sumber Daya Insani (SDI), produk dan fasilitas di WKD. Ketiga, Penerapan nilai-nilai etos kerja bisnis Islam dalam strategi kebertahanan bisnis pada masa pandemi Covid-19 di WKD dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Nilai tanggungjawab individu dengan dirinya sendiri, nilai tanggungjawab individu dengan Allah, dan nilai tanggungjawab individu terhadap individu lain. Pengelola WKD sebaiknya bisa lebih memanfaatkan potensi sumber daya alam dan sumber daya insani yang dimiliki oleh WKD untuk memunculkan inovasi produk yang baru. Serta mengoptimalkan upaya pemasaran dengan melibatkan masyarakat sekitar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muttaqin, M. Khoirulirulmuttaqun@gmail.comF02419126
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurhayati, Nurhayatinurhayati@uinsby.ac.id2027066801
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Bank Islam
Keywords: Strategi bisnis; strategi kebertahanan bisnis; nilai etos kerja Islam
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: M KHOIRUL MUTTAQIN
Date Deposited: 26 Sep 2022 06:56
Last Modified: 26 Sep 2022 06:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56776

Actions (login required)

View Item View Item