Inovasi Pembelajaran Fikih Haji dan Umroh di Madrasah Aliyah Billingual Pondok Pesantren Junwangi Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasruddin, M. Ruman (2013) Inovasi Pembelajaran Fikih Haji dan Umroh di Madrasah Aliyah Billingual Pondok Pesantren Junwangi Krian Sidoarjo. Masters thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Ruman Nasruddin_F06409036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran Fikih Haji dan Umroh memang membutuhkan inovasi tersendiri dalam upaya menginternalisasikan nilai-nilai yang ada di dalamnya. Sebab materi Haji dan Umroh setidaknya masih jauh dari bayangan setiap murid di tingkatan Madarasah Aliyah. Karena biasanya Haji dan Umroh dilaksanakan oleh orang orang yang sudah berumur atau dewasa. Inovasi inovasi pembelajaran yang dilakukan inilah yang membuat konsep Haji dan Umroh terasa dekat dalam imajinasi dan mimpi setiap murid. Nilai nilai dari Haji dan Umrohpun ternyata bisa diajarkan menjadi karakter walaupun murid belum berangkat ke tanah suci. Untuk itu, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul: “Inovasi Pembelajaran Fikih Haji dan Umroh di Madrasah Aliyah Billingual Yayasan Pondok Pesantren Modern Al-Amanah Krian Sidoarjo”. Penelitian ini memfokuskan tujuannya untuk mengetahui Inovasi inovasi pembelajaran Fikih Haji dan Umroh di Madrasah Aliyah Bilingual Al-Amanah, termasuk faktor pendukung dan penghambat gerakan inovasi pembelajaran fikih Haji dan Umroh di MA Bilingual Al-Amanah serta solusinya. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini dirancang sebagai penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau fenomena yang sebenarnya dari fakta yang diteliti. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh temuan bahwa banyak inovasi yang dilakukan dilingkungan Madrasah Aliyah Billingual terkait dengan pembelajaran Haji dan Umroh. Pertama, dalam aspek tujuan pembelajaran, Madrasah Aliyah Billingual menetapkan tujuan pembelajaran untuk menjadikan murid sebagai pionir, mendekatkan konsep dengan realitanya, memberlakukan integrated curriculum yakni kurikulum yang terpadu, menerapkan pembelajaran kebermaknaan dan pendidikan karakter melalui nilai nilai haji dan umroh. Kedua, dalam aspek struktur pembelajaran, Madrasah Aliyah Billingual menciptakan kelas alam, bekerja sama untuk mensukseskan manasik haji dan umroh serta men-setting pembelajaran haji dan umroh secara baik. Ketiga, dalam aspek metode pembelajaran, Madrasah Aliyah Billingual menambah referensi berupa kitab kuning, menggunakan pembelajaran wetonan dan metode musyawarah dalam pembelajaran haji dan umroh. Keempat, dalam aspek perubahan terhadap aspek aspek pembelajaran menggunakan multimetode pembelajaran dan multimedia. Ada beberapa faktor pendukung sekaligus penghambat dan solusi dalam gerakan inovasi pembelajaran haji dan umroh di Madrasah Aliyah Billingual Pondok Pesantren Al-Amanah Krian Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasruddin, M. Rumanrumannasruddin78@gmail.comF06409036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZahro, AhmadUNSPECIFIED2007065501
Subjects: Fikih
Haji
Keywords: Inovasi Pembelajaran Fikih Haji dan Umroh
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Sep 2022 08:04
Last Modified: 06 Sep 2022 08:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56778

Actions (login required)

View Item View Item