Hubungan extraversion personality dan self esteem dengan kecenderungan nomophobia pada emerging adult pengguna twitter

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cendikia, Maulana Galileo Budi (2022) Hubungan extraversion personality dan self esteem dengan kecenderungan nomophobia pada emerging adult pengguna twitter. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulana Galileo Budi Cendikia_J91218097 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemajuan teknologi smartphone telah menciptakan banyak aplikasi dan fitur yang membuat semua orang mendapat kemudahan dan kenyamanan dalam mengaksesnya, sehingga dapat memberikan dampak terhadap penggunaan smartphone yang berlebihan yaitu nomophobia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apkaah terdapat hubungan antara kepribadian extraversi dan self esteem dengan kecenderungan nomophobia pada emerging adult pengguna twitter. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur kepribadian ekstraversi adalah skala adaptasi dari penelitian sebelumnya yaitu oleh Fahmi Dimas Saputra (2018) dengan jumlah item 25, alat ukur yang digunakan untuk mengukur self esteem adalah diadaptasi dari penelitian sebelumnya oleh Shufia Al Humaira (2021), dan alat ukur yang digunakan untuk mengukur nomophobia adalah skala NMP-Q dengan jumlah 25 item yang disusun oleh Yildirim (2014). Penelitian ini dilakukan pada emerging adult pengguna twitter dengan kriteria berusia 18 – 22 tahun, dan menggunakan media sosial twitter, dengan jumlah sampel sebanyak 151 orang. Analisis statsistik menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan SPSS versi 25.0 for windows. Hasil analisis menunjukkan hasil bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan secara parsial antara extraversion personality dan nomophobia (Sig 0.723 > 0.05) denga nilai r square 0,001, tidak terdapat hubungan yang signifikan secara parsial antara self esteem dan nomophobia (Sig 0.764 > 0.05) denga nilai r square 0,001, serta tidak ada hubungan yang signfikan secara simultan antara extraversion personality dan self esteem terhadap kecenderungan nomophobia pada emerging adult pengguna twitter (Sig 0.893 > 0.05) dengan nilai r square 0,002 dan koefisien f 0.114. Disarankan kepada peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian lebih lanjut dengan tidak hanya terbatas pada tipe kepribadian extraversion personality, serta diperlukan pertimbangan variabel selain extraversion personality dan self-esteem seperti faktor eksternal seperti lingkungan, situasional, dan sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cendikia, Maulana Galileo Budimaulanagalileo@gmail.comJ91218097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsiyah, Siti Nurnurays72@yahoo.co.id2027097201
Subjects: Remaja
Keywords: Extraversion personality; self esteem; nomophobia; emerging adult
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Maulana Galileo
Date Deposited: 26 Sep 2022 06:46
Last Modified: 26 Sep 2022 06:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56791

Actions (login required)

View Item View Item