Pola komunikasi organisasi pimpinan anak cabang ikatan pelajar nahdlatul ulama dalam mengembangkan dan membina organisasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdillah, Muhammad Kharish (2022) Pola komunikasi organisasi pimpinan anak cabang ikatan pelajar nahdlatul ulama dalam mengembangkan dan membina organisasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Kharish Abdillah_B06216025 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Kharish Abdillah_B06216025 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

PAC. IPNU Wonokromo merupakan organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama yang berada di Kecamatan Wonokromo, Surabaya. Oganisasi IPNU juga merupakan organisasi Nirlaba serta baru saja dibentuk pada tahun 2020 dan disahkan oleh Pimpinan Cabang IPNU pada tahun 2021 yang berfokus pada wadah Kaderisasi Pelajar keagamaan, kemasyarakatan serta kebangsaan dengan memiliki pemahaman Ahlussunnah Wal-Jamaah An-Nahdliyah. Penelitian ini berfokus pada pola komunikasi organisasi PAC. IPNU Wonokromo. Pola merupakan gambar contoh, patron, model. Disisi lain, pola juga diartikan sebagai system atau ketetapan bentuk (struktur). Dalam kegiatan organisasi, pola komunikasi mengandung unsur persuasi untuk melancarkan suatu intruksi atasan terhadap bawahan dengan harapan dapat mempengaruhi, memahamkan sehingga suatu intruksi dapat diterima dalam upaya pengembangan serta pembinaan organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mengkaji tentang pola komunikasi yakni upaya suatu penelitian dalam mengelola, mengumpulkan, menganalisasi dan menafsirkan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa didalam organisasi PAC. IPNU Wonokromo terdapat beraneka ragam perbedaan usia, pendidikan serta perbedaan lingkungan yang menaungi setiap intruksi atasan terhadap bawahan. Hasil dari penelitian Pola Komunikasi Organisasi PAC. IPNU Wonokromo menggunakan pola komunikasi roda, pola komunikasi rantai serta pola komunikasi bintang dalam menyampaikan pesan dalam upaya mencapai komunikasi yang efektif dan efesien.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdillah, Muhammad Kharishmazarya123@gmail.comB06216025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMoefad, Agoes Moham.moefad@gmail.com2025087002
Subjects: Ilmu Komunikasi
Organisasi Masyarakat
Keywords: Pola komunikasi; organisasi; pengembangan dan pembinaan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Muhammad Kharish Abdillah
Date Deposited: 25 Apr 2024 05:53
Last Modified: 25 Apr 2024 05:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56822

Actions (login required)

View Item View Item