Pengembangan aplikasi padlet berbasis problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran Mtk siswa kelas V Mi YPPI 45 Babat Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Uswatun (2022) Pengembangan aplikasi padlet berbasis problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran Mtk siswa kelas V Mi YPPI 45 Babat Lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uswatun Hasanah_02041020017_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain pengembangan. Aplikasi Padlet berbasis Problem Based Learning, kelayakan Aplikasi Padlet berbasis Problem Based Learning, dan keefektifan hasil pengembangan Aplikasi Padlet berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika di MI YPPI 45 Babat Lamongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Desain yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan model Nonequivalent Control Group Design. Subjek pada penelitian ini adalah 24 siswa kelas V MI YPPI 45 Babat Lamongan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dokumentasi serta tes. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif yaitu dengan analisis induktif, analisis kelayan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis efektifitas dengan menggunakan uji-t. Pengembangan media Padlet berbasis model Problem based Learing ini menghasilkan produk berbasis e-learning. dengan desain yang disesuaikan dengan teori perkembangan kognitif siswa dan kebutuhan siswa, serta diperbaiki berdasarkan saran-saran para ahli. Hasil uji ahli menunjukkan bahwa padlet dari aspek media mendapatkan nilai rata-rata 82,5%, aspek materi 85%, dan Praktisi Pembelajar 92,5% yang berada pada kategori sangat valid/layak. Sedangkan dilihat dari hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa, aplikasi padlet dinyatakan efektif. Hasil uji independent sample t test menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata yang signifikan antara hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa untuk kelompok eksperimen (aplikasi padlet) dan kelompok kontrol (konvensional). Nilai rata-rata (mean) N-Gain kelompok eksperimen adalah 0,5 berkategori sedang (cukup efektif), sedangkan nilai pada kelompok kontrol adalah 0,2 berkategori rendah (kurang efektif). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa aplikasi padlet lebih efektif digunakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Uswatunuswah9712@gmail.com02041020017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMohamad, SalikSalik_mohamad@yahoo.com2012126702
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Subjects: Matematika
Keywords: Aplikasi Padlet berbasis Problem Based Learning; kemampuan berpikir kritis; pembelajaran Matematika.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Uswatun Hasanah
Date Deposited: 12 May 2023 13:31
Last Modified: 12 May 2023 13:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56848

Actions (login required)

View Item View Item