Memutus rantai natural resources curse dalam pengelolaan daerah aliran sungai: upaya pengorganisasian Kelompok Petani Desa Hutan dalam konservasi vegetatif di Desa Ngembat Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustofa, Muhamad Iqbal Abdilah (2022) Memutus rantai natural resources curse dalam pengelolaan daerah aliran sungai: upaya pengorganisasian Kelompok Petani Desa Hutan dalam konservasi vegetatif di Desa Ngembat Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Iqbal Abdilah Mustofa_B92217115 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi pengorganisasian masyarakat desa hutan terhadap dinamika isu dan masalah sosial dalam pengelolaan hutan di Sub Daerah Aliran Sungai Galuh. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelas-kan kondisi dari masyarakat desa hutan di Desa Ngembat, men-jelaskan dinamika proses serta hasil akhir dari pengorganisasian masyarakat desa hutan di Desa Ngembat. Dengan menggunakan metode Participatory Action Research (PAR), pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan, transect, pemetaan digital, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Timeline, Diagram Alur, Kalender Musim, Kalender Harian, Pohon Masalah dan Pohon Harapan. Sedangkan teknik evaluasi data menggunakan Teknik Most Significant Change (MSC). Hasil penelitian ini antara lain : Penguatan daya tawar komunitas dengan basis peta digital tematik; Edukasi mengenai kontekstualisasi tujuan konservasi vegetatif; Dan pengembalian kawasan hutan dengan luas 1.181,172 m² pada lereng timur Gunung Buthak Blentreng; Dan juga terciptanya jaringan kerja konservasi Desa Ngembat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustofa, Muhamad Iqbal Abdilahmustovaiqbal@gmail.comB92217115
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahriesdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Bahan Pustaka > Pelestarian
Pelestarian

Ekologi
Keywords: Pengorganisasian; kutukan sumber daya alam; advokasi; daerah aliran sungai; kerusakan lingkungan hidup
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhamad Iqbal Abdilah Mustofa Muhamad Iqbal Abdilah Mustofa
Date Deposited: 26 Sep 2022 07:50
Last Modified: 26 Sep 2022 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56851

Actions (login required)

View Item View Item