Konsumerisme berlabel agama pada Era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia perspektif teori Simulacra dan Hyperreality Jean Baudrillard

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widyantoro, Bagus (2022) Konsumerisme berlabel agama pada Era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia perspektif teori Simulacra dan Hyperreality Jean Baudrillard. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bagus Widyantoro_E91216032 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan dunia kini telah mencapai pada revolusi industri 4.0. yaitu tren di dunia industri yang menggabungkan teknologi otomasi dengan teknologi. perkembangan ini dapat mengubah seluruh tatanan masyarakat termasuk budaya dan gaya hidupnya. Pada era ini banyak berkembang pola perilaku yang dianggap tren tetapi tidak membawa manfaat di tengah masyarakat, salah satunya adalah perilaku konsumtif. Tidak hanya sampai di sana, konsumtif ini juga melebar ke produk-produk yang berlabel agama. Dari latar belakang tersebut penulis menemukan beberapa masalah antara lain, mengetahui Revolusi Industri 4.0 di Indonesia, dan budaya konsumerisme berlabel agama di era Revolusi Industri 4.0 pada masyarakat Indonesia serta konsumerisme berlabel agama pada era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia dalam analisis simulacra dan hippereality Jean Baudrillard. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode analisis isi dengan analisa berupa data naratif. Pendekatan yang digunakan adalah Marxis, karena peneliti ingin memunculkan antitesis dari Revolusi Industri 4.0 dengan relasi kebangkitan konsumerisme di Indonesia dengan teori yang digunakan adalah Simulacra dan Hyperreality Jean Baudrillard. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia sekarang dengan berkembangnya teknologi digital pada masa Revolusi 4.0, membuat Pemasaran di era informasi digital saat ini terjadi terlalu cepat. Iklan komersial bekerja sebagai simulacrum, membuat produk dan gambar yang diciptakan dalam pikiran manusia tampak alami dan alami, meskipun kenyataannya ambigu, termasuk simbol-simbol dalam agama yang dikonsumsi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widyantoro, Bagusbagus.widyan@gmail.comE91216032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochmawati, Idaida2rahma@Gmail.com2123017602
Subjects: Filsafat
Sosiologi > Sosiologi Agama
Konsumen
Keywords: Revolusi industri; konsumerisme; simbol; agama; simulacra
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Bagus Widyantoro
Date Deposited: 26 Sep 2022 07:52
Last Modified: 26 Sep 2022 07:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56858

Actions (login required)

View Item View Item