Pengaruh rasio profitabilitas dan rasio leverage terhadap return saham pada perusahaan sub sektor farmasi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aristawidia, Ifah Bunga (2022) Pengaruh rasio profitabilitas dan rasio leverage terhadap return saham pada perusahaan sub sektor farmasi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ifah Bunga Aristawidia_G93218085 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Rasio Leverage Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi Yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 2020 – 2021” bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh rasio profitabilitas meliputi Net Profit Margin (NPM), Return On Equity (ROE), Return On Asset (ROA) dan rasio leverage meliputi Debt to Equity Ratio (DER), Debt to Asset Ratio (DAR) baik secara parsial maupun secara simultan terhadap return saham. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive random sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 10 perusahaan sub sektor farmasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan didapatkan 80 data penelitian. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang didapatkan dari laporan keuangan perusahaan sub sektor farmasi triwulan I –IV periode 2020-2021 di BEI. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan regresi data panel. Hasil dari penelitian ini yaitu secara parsial, NPM tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap return saham, ROE berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham, ROA tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham, DER tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham, dan DAR berpengaruh negatif dan signifikan terhadap return saham. Adapun secara simultan, NPM, ROE, ROA, DER, DAR berpengaruh signifikan terhadap return saham pada perusahaan sub sektor farmasi yang tercatat di BEI periode 2020-2021.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aristawidia, Ifah Bungaifabungasby15@gmail.comG93218085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaghfiroh, Rahma UlfaUNSPECIFIED198612132019032009
Subjects: Manajemen
Keywords: NPM; ROE; ROA; DER; DAR; return saham
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Ifah Bunga Aristawidia
Date Deposited: 27 Sep 2022 02:28
Last Modified: 27 Sep 2022 02:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56900

Actions (login required)

View Item View Item