Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal pada perusahaan manufaktur sub sektor otomotif dan komponen yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2015 – 2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Annisa, Rahmadina Nur (2022) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal pada perusahaan manufaktur sub sektor otomotif dan komponen yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2015 – 2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahmadina Nur Annisa_G03218029 ok.pdf

Download (957kB)

Abstract

Struktur modal adalah bagian dari struktur keuangan yang menjaga perimbangan antara total hutang dengan modal itu sendiri. Fenomena pada perusahaan manufaktur sub sektor otomotif dan komponennya, struktur keuangan pada perusahaan tersebut lebih menggunakan hutang dibandingkan dengan modal sendiri, tingkat ketergantungan perusahaan terhadap kreditur tinggi dan perusahaan memiliki resiko tinggi terhadap kebangkrutan apabila investasi yang dilakukan tidak menghasilkan pengembalian yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, resiko bisnis, dan profitabilitas terhadap struktur modal. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan data sekunder. Populasi pada penelitian ini sebanyak 13 perusahaan manufaktur sub sektor otomotif dan komponen, sedangkan pengambilan sampel menggunakan purporsive sampling pada penelitian ini sebanyak 12 perusahaan manufaktur sub sektor otomotif dan komponennya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS 25. Hasil berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, profitabilitas secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal. Sedangkan pada variabel resiko bisnis tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Sedangkan variabel pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, resiko bisnis, dan profitabilitas berpengaruh secara simultan signifikan terhadap struktur modal. Saran dari penelitian ini menambah variabel dan tahun penelitian yang belum ada pada penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Annisa, Rahmadina Nurrachmaanisa30@gmail.comG03218029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiawati, Riska AyuUNSPECIFIED199305032019032020
Subjects: Manajemen
Keywords: Penjualan; ukuran perusahaan; resiko bisnis; profitabilitas; struktur modal
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Rahmadina Nur Annisa
Date Deposited: 20 Oct 2023 04:01
Last Modified: 20 Oct 2023 04:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56909

Actions (login required)

View Item View Item