Pengaruh literasi keuangan, sikap keuangan, dan uang saku terhadap keputusan investasi mahasiswa: studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yutama, Machella Shevany (2022) Pengaruh literasi keuangan, sikap keuangan, dan uang saku terhadap keputusan investasi mahasiswa: studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Machella Shevany Yutama_G93218087 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, dan Uang Saku Terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Uin Sunan Ampel Surabaya)” ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan yang terkait dengan literasi keuangan, sikap keuangan, dan uang saku terhadap keputusan investasi mahasiswa FEBI UINSA. Metodologi penelitian yang digunakan yakni kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dengan kriteria tertentu yakni mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang masih mendapatkan uang saku dari orang tua dan mahasiswa yang pernah berinvestasi. Data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online sehingga terkumpul sebanyak 96 responden. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan program IBM SPSS 25. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Literasi Keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi mahasiswa. Sedangkan Sikap Keuangan berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi mahasiswa. Uang Saku juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi mahasiswa. Selanjutnya, Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, dan Uang Saku secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi mahasiswa. Dengan adanya hasil penelitian tersebut, diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian dengan ruang lingkup yang lebih luas dengan mencari faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi keputusan investasi mahasiswa dan hendaknya menambah jumlah responden penelitian agar jumlah responden dapat semakin luas dan memperoleh hasil yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yutama, Machella Shevanymshevanyy@gmail.comG93218087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaghfiroh, Rahma Ulfarahma.ulfa@uinsby.ac.id198612132019032009
Subjects: Keuangan
Keywords: Literasi keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Machella Shevany Yutama
Date Deposited: 27 Sep 2022 02:36
Last Modified: 27 Sep 2022 02:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56919

Actions (login required)

View Item View Item