Laskar Hizbullah Singosari-Malang: sejarah dan jejak-jejak perjuangannya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setyawati, Biancha Viska Putri Dwi (2022) Laskar Hizbullah Singosari-Malang: sejarah dan jejak-jejak perjuangannya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Biancha Viska Putri Dwi Setyawati_A92218095.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perjuangan Laskar Hizbullah dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, khususnya yang ada di Malang. Bersama santri dan pasukan republik melawan penjajahan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah menurut Kuntowijoyo, yaitu: pemilihan topik, heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Kemudian menggunakan pendekatan historis yang dilihat dari sisi sejarah sehingga menghasilkan kejadian sejarah secara kronologis. Sedangkan teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Continuity and Change dari John Obert Voll dan menggunakan teori Konflik dari Lawang. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, menjelaskan latar belakang berdirinya Laskar Hizbullah yaitu pada tanggal 14 Oktober 1944 dan dilakukan latihan di Cibarusahh Bogor yang memiliki tujuan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Kedua, membahas tentang kondisi Malang ketika Agresi Militer Belanda I dan II yang terjadi pembumi hangusan, kemudian latar belakang berdirinya Laskar Hizbullah Singosari yang tidak bisa dilepaskan dari peristiwa Perang 10 November 1945, Agresi Militer I dan II, serta adanya monuen obor sebagai bukti bahwa adanya perjuangan di Singosri. Ketiga, tentang beberapa jejak-jejak perjuangan Laskar Hizbullah Singosari Malang, seperti Masjid Hizbullah Singosari, Masjid Al-Mukarromah Malang, dan Taman Pelajar Shalahuddin Malang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setyawati, Biancha Viska Putri Dwibianchaviskaa@gmail.comA92218095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSukarma, Sukarmasukarma@uinsby.ac.id2028106301
Thesis advisorHajar, Imam Ibnuimamibnuhajar@gmail.com2006086802
Subjects: Organisasi Masyarakat
Pertahanan Nasional
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Laskar Hizbullah; Malang; Perjuangan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Biancha Viska Putri Dwi Setyawati
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:06
Last Modified: 20 Nov 2023 07:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56957

Actions (login required)

View Item View Item