Studi analisis metode perhitungan awal waktu salat dalam Kitab Anwar Al-Hasibin karya Ali Mustofa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nahri, Iqbal Linurin (2022) Studi analisis metode perhitungan awal waktu salat dalam Kitab Anwar Al-Hasibin karya Ali Mustofa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iqbal Linurin Nahri_C98216031 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penyusunan skripsi ini menggunakan jenis penelitian pustaka. Data primer yang penulis gunakan yakni berupa Kitab Anwar Al-Hasibin karya Ali Mustofa dan juga dokumen-dokumen terkait yang diperoleh penulis dari jurnal terkait penelitian Ali Mustofa yang membahas penentuan awal waktu salat. Sedangkan data sekunder yang digunakan didapatkan dari buku-buku, jurnal ilmiah, artikel, serta penelitian terdahulu yang memiliki relevansi dengan topik penelitian yang dilakukan oleh penulis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi. Metode pengolahan data yang penulis gunakan yakni berupa metode editing, organizing, dan analyzing. Dan juga analisis data dalam karya tulis ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah hisab yang digunakan dalam kitab Anwar Al-Hasibin menggunakan perhitungan yang masih klasik, yaitu menggunakan daftar logaritma 6 desimal dan penggunaannya masih manual belum diganti dengan rumus trigonometri dengan perhitungan scientific calculator. Sedangkan hasil perbandingan hisab waktu salat dalam kitab Anwarul Hasibin dengan Ephemeris mempunyai selisih 0-1 menit untuk waktu salat Asar, Magrib, Isya, Subuh, Duha dan waktu Terbit. Sedangkan untuk salat Zuhur dan waktu Imsak memiliki selisih yang berkisar 3-4 menit. Selisih tersebut dikarenakan perbedaan data deklinasi, ketinggian Matahari dan perbedaan ketentuan dalam perhitungannya. Selisih terbanyak terdapat pada waktu Zuhur karena terdapat koreksi Daqaiq al-Tamkiniyah dan juga waktu Imsak yang dikurang 15 menit dengan waktu Subuh. Namun, selisih-selisih tersebut masih bisa ditolerir karena selisihnya tidak terlalu signifikan. Oleh karena itu, hasil perhitungan waktu salat masih bisa disandingkan dengan perhitungan kontemporer seperti Ephemeris. Saran dalam skripsi ini adalah penulis berharap kedepannya kitab ini disertai dengan penjelasan tabel daftar logaritma 6 dan tata cara penggunaannya sehingga pembaca lebih mudah memahami dan mempelajarinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nahri, Iqbal Linuriniqbal.iln86@gmail.comC98216031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorQulub, Siti Tatmainultatmainulqulub@uinsby.ac.id2029128901
Subjects: Salat
Buku
Keywords: Shalat; Awal waktu shalat; Perhitungan awal waktu shalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Iqbal Linurin Nahri
Date Deposited: 18 Oct 2023 05:17
Last Modified: 18 Oct 2023 05:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56999

Actions (login required)

View Item View Item