Pendampingan kelompok Kebon Kuwangen dalam pengelolaan limbah rumah tangga menjadi produk ekonomis di Desa Junwangi Kecamatan Krian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ziana, Lucky Hadi (2022) Pendampingan kelompok Kebon Kuwangen dalam pengelolaan limbah rumah tangga menjadi produk ekonomis di Desa Junwangi Kecamatan Krian. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lucky Hadi Ziana_B92218113.pdf

Download (2MB)

Abstract

Desa Junwangi memiliki berbagai macam asset. Salah satunya yakni Kebon Kuwangen yang mana suatu wilayah persawahan disulap menjadi kebon yang indah dan asri. Asset ini sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi ecowisata. Oleh karena itu fokus utama penelitian ini adalah pengembangan Kebon Kuwangen dengan menambah produk pengelolaan sampah melalui budidaya maggot. Dalam jangka panjang Kebon Kuwangen sangat berpotensi menjadi ecowisata. Proses pendampingan ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan Asse Based Community Development (ABCD) yang berfokus pada pemanfaatan asset. Dalam metode ini memiliki tahapan 5-D yaitu : Discovery, Dream, Design, Define dan Destiny, Melalui tahapan 5-D ini, masyarakat akan mengenali asset yang mereka miliki, serta mendapat dukungan untuk mengembangkan asetnya. Sehingga harapan masyarakat untuk meningkatkan pendapatan dapat tercapai. Aksi pengembangan asset ini adalah melakukan penguatan komunitas melalui pendampingan Komunitas Kebon Kuwangen untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Aksi ini dilakukan dengan pendampingan kelompok Kebon Kuwangen dalam pengelolaan sampah melalui budidaya maggot yang mana sampah organik menjadi pakan maggot. Hasil akai budidaya maggot ini menghasilkan (Kasgot) bekas maggot yang dapat dijadikan pupuk yang akan dijual. Manggot akan dijual untuk pakan ternak dan juga ikan. Dalam pendampinhan ini Kebon Kuwangen juga berhasil melakukan pemasatan melalui media sosial. Dan juga mampu branding produk dari Kebon Kuwangen sehingga menjadi lebih menarik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ziana, Lucky HadiLuckyziana27@gmail.comB92218113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Chabibchabib.musthofa@uinsby.ac.id2030067902
Subjects: Ekonomi
Lingkungan Hidup
Keywords: Pendampingan; Pengelolaan Sampah; Aset
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Lucky Hadi Ziana
Date Deposited: 19 Oct 2023 02:24
Last Modified: 19 Oct 2023 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57029

Actions (login required)

View Item View Item