Pengaruh pemahaman zakat profesi dan tingkat religiusitas terhadap kesadaran membayar zakat pada make up artist di Kecamatan Tulangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggelista, Nanda Trisnawang (2022) Pengaruh pemahaman zakat profesi dan tingkat religiusitas terhadap kesadaran membayar zakat pada make up artist di Kecamatan Tulangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nanda Trisnawang Anggelista_G95218057 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Apakah pemahaman zakat profesi dan tingkat religiusitas berpengaruh secara simultan terhadap kesadaran membayar zakat pada make up artist di kecamatan tulangan sidoarjo. Metodologi penelitian digunakan oleh peneliti adalah menggunakan jenis penelitian jenis survey, yaitu dimana informasi serta data dikumpulkan guna mendapatkan data dapat memberikan penjelasan mengenai pengaruh pemahaman zakat profesi dan tingkat religiusitas terhadap kesadaran membayar zakat dengan media kuesioner. Responden yang diambil adalah jasa Make Up Artist di Kecamatan Tulangan 19 responden yang dapat diolah dari 25 sampel dan dari 34 populasi Make Up Artist yang ada di Kecamatan Tulangan Sidoarjo,dengan mengguakan teknik Propability sampling lalu menarik sampel menggunakan metode random sampling. Alat untuk analisis menggunakan spss versi 26, dimana untuk menguji beberapa uji analisis regresi berganda. Seperti uji asumsi klasik yakni uji normalitas, uji multikolonieritas, dan uji heteroskedastisitas. Serta uji hipotesis parsial (T) dan uji simultan (F). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel pemahaman zakat profesi berpengaruh signifikan terhadap kesadaran membayar zakat. pada Make Up Artist di Kecamatan Tulangan Sidoarjo. Sedangkan variabel tingkat religiusitasnya berpengaruh terhadap kesadaran membayar zakat profesi pada Make Up Artis di Kecamatan Tulangan Sidoarjo. Dan hasil hipotesis uji F adalah pemahaman zakat profesi dan tingkat religiusitas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kesadaran membayar zakat pada Make Up Artist di Kecamatan Tulangan Sidoarjo. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan bagi para Make Up Artist yang masih belum faham maupun belum terlalu faham mengenai Zakat Profesi bisa langsung berkonsultasi dengan Lembaga resmi pemerintah seperti BAZNAS/LAZNAS di tiap-tiap daerah masing-masing agar bisa diperhitungkan zakat profesi yang akan di zakat kan. Bagi penelitian selanjutnya, mengenai variabel alangkah baiknya bisa menambah dengan variabel lain untuk bisa mengetahui faktor lain yang mempengaruhi Kesadaran dalam Membayar Zakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggelista, Nanda TrisnawangG95218057@uinsby.ac.idG95218057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Lianlian.fuad@uinsby.ac.id2121048502
Subjects: Ekonomi Islam
Zakat
Amil Zakat
Keywords: Zakat; Zakat profesi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: NANDA TRISNAWANG ANGGELISTA
Date Deposited: 19 Apr 2023 16:22
Last Modified: 19 Apr 2023 16:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57052

Actions (login required)

View Item View Item