Hubungan antara self-esteem dan dukungan sosial dengan kecenderungan body dissatisfaction pada mahasiswa psikologi UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Nani Priastuti Sukma (2021) Hubungan antara self-esteem dan dukungan sosial dengan kecenderungan body dissatisfaction pada mahasiswa psikologi UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nani Priastuti Sukma Dewi_J71218055.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-esteem dan dukungan social dengan kecenderungan body dissatisfaction pada mahasiswa psikologi UIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 119 dari total populasi 546 mahasiswa dengan teknik cluster sampling. Uji hipotesis dalam penelitianini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan ban tuan IBM SPSS Statistic 24. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan secara parsial bahwa terdapat hubungan antara self-esteem dengan kecenderungan body dissatisfaction dengan nilai 0,002<0,05, lalu terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan kecenderungan body dissatisfaction dengan nilai 0,025<0,05. Nilai dalam pengujian simulan sebesar 5,668 dengan nilai signifikansinya sebesar 0,004<0,05. Hasil peneliyian ini didapatkan sebanyak 8,9% subjek mengalami kecenderungan body dissatisfaction dikarenakan faktor kurangnya tingkat self-esteem dan dukungan sosial. Dengan demikian hipotesis penelitian ini diartikan semakin tinggi self-esteem dan dukungan sosial maka semakin rendah kecenderungan body dissatisfaction.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Nani Priastuti Sukmananipriastuti@gmail.comJ71218055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsiyah, Siti Nurnurays72@yahoo.co.id2027097201
Subjects: Psikologi Sosial
Keywords: Self-esteem; Dukungan Sosial; Kecenderungan Body Dissatisfaction
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Nani Priastuti Sukna Dewi
Date Deposited: 19 Apr 2023 16:51
Last Modified: 19 Apr 2023 16:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57058

Actions (login required)

View Item View Item