Peran industri Tenun Ikat terhadap penyerapan tenaga kerja di Bandar Kidul Kota Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khusna, Aniliya Afifatul (2022) Peran industri Tenun Ikat terhadap penyerapan tenaga kerja di Bandar Kidul Kota Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aniliya Afifatul Khusna_G91218067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan, sumber data diperoleh dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri, ketua KUBE (Kelompok Usaha Bersama), 11 pemilik industri serta tenaga kerja yang bekerja di tenun ikat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa industri tenun ikat memiliki peran dalam menyerap tenaga kerja, terutama pada masyarakat Kelurahan Bandar Kidul. Mayoritas yang terserap adalah ibu-ibu dan bapak-bapak dengan kualifikasi usia 26-35 tahun sebanyak 131 pekerja. Selain itu, Selain itu, serapan tenaga kerja yang paling banyak terjadi di Bulan September sebanyak 302 orang dengan jumlah produksi 9.060 kain. Hal ini disebabkan karena tingginya permintaan menjelang festival dhoho street fashion. Sedangkan jumlah produksi paling sedikit terjadi di bulan Februari dan Maret sebanyak 7.890 kain tenun dengan serapan tenaga kerja sebanyak 263 orang. Hal ini disebabkan karena perpanjangan kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di Kota Kediri yang masih di level 3.
Adanya pelatihan yang diadakan pada tahun 2021 mampu meningkatkan kualitas tenaga kerja dengan terserapnya para pekerja. Pelatihan oleh pemilik industri berhasil menyerap 59 tenaga kerja, dan yang belum berhasil terserap ketika pelatihan sebanyak 6 tenaga kerja. Sedangkan upaya dari pemerintah yaitu pelatihan menenun, pewarnaan, dan desain motif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khusna, Aniliya Afifatulaniliyaafif@gmail.comG91218067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPutranto, Hanafi Adihanafiadiputranto@uinsby.ac.id2005098202
Subjects: Ekonomi
Tenaga Kerja
Keywords: IKM; tenun ikat; tenaga kerja terampil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Aniliya Afifatul Khusna
Date Deposited: 28 Jun 2023 20:25
Last Modified: 28 Jun 2023 20:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57063

Actions (login required)

View Item View Item